Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Pj. Gubernur Didampingi Kadinkes Prov. Kalbar Buka Acara Pemberdayaan dan Peningkatan Kapasitas Emergency Medical Team (EMT) dalam Penanggulangan Krisis Kesehatan dan Ketahanan Kesehatan (Health Security)

Pontianak - Pj. Gubernur didampingi Kadinkes Prov. Kalbar membuka acara pemberdayaan dan peningkatan kapasitas emergency medical team (EMT) dalam penanggulangan krisis kesehatan dan ketahanan kesehatan (Health Security) di Hotel Harris Pontianak pada Rabu (1/11/2023).

Emergency Medical Team (EMT) merupakan sekelompok profesional di bidang kesehatan yang melakukan pelayanan medis secara langsung kepada masyarakat yang terkena dampak bencana sebagai tenaga kesehatan bantuan dalam mendukung sistem pelayanan kesehatan setempat.

Kegiatan yang akan berlangsung dari 30/10/2023 - 3/11/2023 ini dihadiri oleh Dokter, Perawat, Tenaga Farmasi, Tenaga Umum/Logistik dan Tenaga Administrasi dari berbagai Dinas Kesehatan Kab/Kota, antara lain: Kabupaten Bengkayang, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Kayong Utara, Kabupaten Ketapang, Kabupaten Landak, Kabupaten Melawi, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Lampung Utara, TCK-EMT PKK Regional Bali serta Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Lampung.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan teknis medis penanganan kegawatdaruratan dan pengetahuan dalam manajemen penanganan krisis kesehatan. Berbagai materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ini diantaranya: health emergency operation center dan mekanisme koordinasi EMT, sistem komando penanganan darurat bencana (SKPDB), manajemen mass casualty incident, penatalaksanaan awal korban meninggal akibat bencana oleh EMT, serta praktek teknis medis (triase bencana, initial assessment, BHD, evakuasi dan stabilisasi).

November 1, 2023

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan D.A. Hadi No. 7 Pontianak
sekretariatdinkeskalbar@gmail.com