Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Pj Gubernur Kalbar Dorong Perangkat Daerah Lebih Cekatan dan Responsif Tangani Stunting

PONTIANAK - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar lewat Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar menginisiasi kegiatan bertajuk "Edukasi Gizi pada Ibu Hamil dan Ibu Bayi dan Balita untuk Mencegah Stunting", yang digelar di Posyandu Karya Pesona wilayah Puskesmas Karya Mulia, Jalan Ampera Gang R. A. Karim Pontianak, pada Jumat (29/12/2023). 

Giat tersebut dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Kalbar, Pj. Ketua TP PKK Provinsi Kalbar, Pj Wali Kota Pontianak, dan dihadiri sejumlah OPD di lingkungan Pemprov Kalbar, serta anggota gabungan dari SINITA PENJAGA IBU JARI (Sinergitas Organisasi Wanita dalam Peningkatan Pengetahuan Gizi Keluarga, Ibu, dan Remaja Putri). 

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Kalbar, dr. Harisson, M.Kes., mengimbau kepada seluruh perangkat daerah untuk lebih cekatan dan responsif dalam menangani masalah stunting. dr. Harisson menginginkan, agar setiap arahan kepala daerah (terkait penanganan stunting) harus diterjemahkan dalam bentuk program, secara tepat sasaran. "Jadi jangan sekedar retorika saja, namun harus ada aksi tepat sasaran. Tugas perangkat daerah untuk melaksanakannya," tuturnya.

Disamping itu, dia juga berpesan kepada setiap perangkat daerah untuk aktif dalam memonitoring berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, setiap satu bulan sekali. "Jadi harus benar-benar ada intervensi langsung ke anak-anak yang terindikasi stunting," ucapnya. 

Hal ini, lanjut Pj. Gubernur Kalbar, dilakukan untuk menyelaraskan arahan Presiden dalam mempersiapkan generasi Indonesia Emas 2045. "Dan ini sudah harus dimulai sejak dari dalam kandungan. Sehingga upaya penurunan pencegahan stunting harus segera terlaksana," tegasnya. 

"Bangsa Indonesia menjadi besar jika anak-anak kita sehat dan bugar," tutupnya. 

Sebagai informasi, dalam giat yang sama Kadinkes Provinsi Kalbar dr. Erna Yulianti turut menyerahkan bantuan berupa alat atropometri untuk seluruh Puskesmas di wilayah Kota Pontianak, yang diberikan secara simbolis kepada UPT Puskesmas Karya Mulia. Selain itu, kegiatan tersebut turut dihiasi dengan pelaksanaan kick off Gerakan Orang Tua Asuh Anak Stunting oleh Korpri Disporapar Kalbar. (Dinkes Prov. Kalbar)

December 30, 2023

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan D.A. Hadi No. 7 Pontianak
sekretariatdinkeskalbar@gmail.com