Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Peringatan Hari Thalasemia Sedunia Bersama Duta Thalasemia Kalbar

PONTIANAK – Dalam rangka peringatan Hari Thalasemia Sedunia, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat bersama Tim Penggerak PKK dan stake holder lainnya menggelar kegiatan yang mengikutsertakan penyandang thalassemia beserta orang tua dan juga 100 orang mahasiswa karena dirangkai dengan kegiatan deteksi dini thalasemia dan pemeriksaan golongan darah, Senin (8/5/2023).

Kegiatan yang digelar di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat ini dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Hj. Lismaryani Sutarmidji, yang sekaligus merupakan Duta Thalasemia Provinsi Kalimantan Barat.

Turut hadir juga Ketua POPTI Kalbar, Windy Prihastari, S.STP, M.Si, Dharma Wanita Persatuan, beberapa Organisasi Profesi Kesehatan dan stake holder terkait lainnya.

Kegiatan dipenuhi suasana haru dan penuh semangat karena beberapa dari penyandang thalassemia yang hadir turut memberikan dan menampilkan sebuah cerita dan karya yang mengartikan bahwa penyandang thalassemia perlu kita berikan dukungan guna memberikan arti kehidupan bagi mereka dengan keterbatasan yang mereka alami.

Sekedar informasi, penyandang thalasemia di Provinsi Kalimantan Barat sampai dengan tahun 2023 ini, tercatat sejumlah 226 orang, dan 9 orang diantaranya telah meninggal dunia. Dengan adanya klinik thalasemia yang tersedia di RSUD Dr. Soedarso Pontianak Kalimantan Barat, dapat memberikan pelayanan dan pengobatan yang sesuai standar.

Diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terkait thalassemia serta menjadi ajang untuk memperkuat solidaritas dan kepedulian terhadap para penyandang thalassemia.

August 23, 2023

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan D.A. Hadi No. 7 Pontianak
sekretariatdinkeskalbar@gmail.com