Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Kenalkan Aplikasi Siluk Merah ke Fasyankes Wilayah Pesisir Sungai, Wujud Keseriusan Dinkes Prov. Kalbar Turunkan Angka Kematian Ibu

28 Jun 2024
infokes

Kubu Raya - Kepala Dinas Kesehatan mulai memperkenalkan aplikasi anyar Strategi Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu Melalui Sistem Informasi Lacak Usia Kehamilan Melalui Respon Kesehatan di Kalimantan Barat (SILUK MERAH), dengan sasaran Fasyankes di wilayah Kalimantan Barat.

Terbaru, Kadiskes Provinsi Kalbar, dr. Erna Yulianti mengenalkan aplikasi yang telah dilaunching pada 19 Juni lalu tersebut ketika melawat ke Puskesmas Kubu dan Puskesmas Padang Tikar, Kabupaten Kubu Raya.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Erna juga menjelaskan bahwa hadirnya aplikasi SILUK MERAH ini merupakan wadah untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dengan cara meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kompetensi SDM (Ibu Hamil) berbasis digital, dengan cara kerja untuk memberikan notifikasi (pesan pengingat) bagi para ibu hamil untuk melakukn pemeriksaan kehamilan secara rutin lewat pesan whatsapp.

Selain memberikan edukasi terkait aplikasi SILUK MERAH, kedatangan Kadiskes di kedua wilayah pesisir sungai tersebut juga dalam rangka memberikan sosialisasi bagi para ibu dan petugas kesehatan di masing-masing Puskesmas untuk ikut andil membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

Salah satu upaya yang mesti dilakukan adalah dengan memberikan pemahaman kepada para ibu yang sedang dalam masa hamil ataupun memiliki bayi dibawah usia 2 tahun untuk memperhatikan gizi seimbang. Termasuk pemberian makanan bagi baduta/balita dengan kandungan karbohidrat, tinggi protein hewani, serta lemak.

Selain itu, disela-sela tatap muka langsung dengan masyarakat, Kadiskes juga tak lupa mengingatkan para ibu untuk rutin mengecek kondisi bayi, terutama untuk melakukan pengukuran tinggi badan, penimbangan berat badan, serta melengkapi imunisasi sesuai dengan panduan buku KIA. (Dinkes Prov. Kalbar)

Bagikan