Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Kemeriahan Peringatan Hari Kartini Di Pendopo Gubernur Kalbar

23 Apr 2024
infokes

Kemeriahan peringatan hari Kartini di Pendopo Gubernur Kalbar

PONTIANAK - Pemprov Kalbar menggelar peringatan Hari Kartini di Halaman Pendopo Gubernur Kalimantan Barat pada jumat pagi (19/4/2024). Peringatan ini tampak meriah dimana penonton disuguhkan dengan berbagai tampilan - tampilan yang menarik. Yang mana setiap OPD/Bank Indonesia, Bank Kalbar dan instansi lainnya turut unjuk kebolehan dalam berbagai event yang diperlombakan. Mulai dari lomba parade kebaya, lomba yel - yel, lomba memasak hingga lomba suporter paling meriah.

Sekretaris Dinkes Kalbar Dalam Lomba Masak beserta Para Pendukung 

Peserta Parade Kebaya Dinkes Kalbar

Kegiatan ini digelar dalam rangka menghormati dan mengenang jasa-jasa Pahlawan nasional R.A. Kartini, sosok wanita yang telah memperjuangkan emansipasi wanita demi memajukan kualitas perempuan Indonesia. Adapun tema yang diangkat pada Peringatan Hari Kartini Tahun 2024 kali ini yaitu "Dengan semangat perubahan R.A. Kartini, Perempuan Kalimantan Barat turut serta mewujudkan generasi emas Indonesia Tahun 2045". Hal ini sejalan dengan peran Pemerintah Provinsi Kalbar yang juga berkolaborasi bersama TP PKK dan organisasi wanita lainnya dalam mewujudkan generasi emas 2045 baik dari aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkup hidup.

“Atas nama pemprov saya mengapresiasi, baik di lingkup pemprov kalbar, termasuk bank kalbar dan bank indonesia. Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan meriah. Sebagaimana yang kita ketahui bersama, R.A. Kartini adalah sosok yang mandiri dan salah satu pahlawan yang getol dalam memperjuangkan harkat dan martabat wanita indonesia.

Terkait dengan isu nasional yang bergaung saat ini, Pj Gubernur turut mengajak wanita di Kalimantan Barat untuk turut serta mensukseskan program - program yang dijalankan oleh Pemerintah.

“Isu sekarang ini adalah bagaimana kita mampu menyiapkan generasi emas tahun 2045 mendatang. Peran ibu - ibu ini penting sekali untuk membimbing anak - anak kita. Tak lupa untuk lebih peka dan peduli terhadap orang disekitar kita, termasuk tetangga yang kehidupannya tidak begitu baik. Kita harus membantu mereka agar generasi kita semua sehat cerdas dan unggul”, pinta Harisson.

Selain itu, orang nomor satu di Kalbar ini juga mengingatkan para ibu, untuk membentengi anak - anaknya dari hal - hal yang dapat merusak masa depan, salah satunya dari narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif lainnya atau yang sering disebut NAPZA.

“Penting bagi kita menyiapkan ketahanan keluarga. Termasuk membentengi keluarga kita dari ancaman NAPZA. Ini membuat kita khawatir, dan bersama harus menjaga ketahanan keluarga. Memperhatikan dan memastikan anak - anaknya terhindar dari batang haram yang dapst merusak masa depan tersebut”, tegasnya.

Ia juga berharap, langkah ini dapat dilakukan oleh semua pihak dengan serius, mengingat momentum Indonesia emas 20245 ini hanya akan diperoleh satu kali saja.

“Ibu - ibu ini sebagai ujung tombak generasi indonesia emas tahun 20245. Itu hanya berlangsung sekali, itu akan menjadi lompatan kita untuk maju, kalau kita gagal, siap - siap kita hanya akan menjadi penonton. Ini juga sejalan dengan apa yang diharapkan oleh RA Kartini”, pungkasnya.

Di tempat yang sama, Pj Ketua PKK Provinsi kalbar, Windy Prihastari menerangkan bahwa  tema yang diambil merupakan motivasi bagi perempuan kalimantan barat untuk turut berkontribusi dalam mensukseskan program indonesia emas 2045.

“Terkait peringatan ini, kita mengambil tema, dengan semangat perubahan dari ra kartini, perempuan kalbar turut serta dalam mensukseskan indonesia tahun 2045. Kami harap perempuan kalimantan barat, turut mensukseskan program indonesia emas, termasuk stunting, kemiskinan ekstrim dan inflasi. Kita juga mengapresiasi banyak tokoh - tokoh perempuan kalbar, yang memiliki andil dalam pembangunan di Kalbar”, katanya.

Ia juga berharap, agar wanita Kalimantan Barat terus konsisten dan berkontribusi nyata dalam pembangunan walaupun dimulai dari hal yang kecil, termasuk hanya pada para Gen Z saat ini.

“Semoga tetap konsisten dan terus termotivasi untuk melakukan kebaikan - kebaikan. Kebaikan ini dimulai dari hal kecil itu merupakan sumbangsih dalam pembangunan kalbar.. kami juga saat ini mendorong bagi ibu - ibu yang memiliki baduta untuk menghindari stunting pada anak. Kmi juga akan melakukan pendampingan. Yang telah diikuti oleh 35 OPD di kalbar melalui program “Serbu Posyandu”. Itu dimaksud yang menjadi pemimpin abngsa ini pada tahun 2045. Harus menjadi sosok yang berkualitas. Dan untuk gen z, mari bersama terus menambah ilmu pengetahuan dan lebih peka dalam membangun kalbar. Caranya dengan serius berkiprah di bidang - bidang yang digeluti. Hal ini karena Gen Z sangat cepat menyesuaikan dan berinovasi melalui media sosial dan platform digital lainnya untuk menstimulasi masyarakat dalam pembangunan di Kalimantan Barat. 

Peserta Parade Kebaya Dinkes Kalbar Berfoto Bersama

Dinkes Kalbar juga mengikuti berbagai lomba yang diselenggarakan, diantaranya Parade Kebaya, lomba yel-yel, supporter dan lomba masak yang diwakili oleh Sekretaris Dinkes Kalbar, Yuliana. Kegiatan yang berlangsung kurang lebih selama 3 jam ini memperlombakan beberapa kategori dengan daftar pemenang sebagai berikut:

Parade Kebaya:

  1. Dinas Tanaman Pangan & Hortikultura
  2. RSUD Sudarso
  3. Inspektorat
  4. Harapan 1. Dinas Koperasi & UKM
  5. Harapan 2. Bank Kalbar
  6. Harapan 3. Dinas Kelautan dan Perikanan 

Yel-yel :

  1. Bank Indonesia
  2. Biro Pemerintahan
  3. DPMPTSP

Suporter:

  1. Dinas PUPR
  2. Inspektorat
  3. Dinas Perkim

Lomba Masak

Juara 1. RSUD Sudarso

Juara 2. Dinas PUPR 

Juara 3. Inspektorat

Harapan 1. Biro Hukum

Harapan 2. BKD 

Harapan 3. BPSDM

 

 

Oleh: (Harits Rachmanto, S.STP)

Sumber: kalbarprov 

Bagikan