Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Kalbar Raih Apresiasi Sangat Baik Dalam Penilaian Kematangan Digital Tahun 2023

2 Jul 2024
infokes

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin), yang didukung oleh United States Agency for International Development-The Country Health Information and Data Systems Use (USAID CHISU), mengumumkan hasil penilaian kematangan digital, atau Digital Maturity Index (DMI) 2023 untuk tingkat dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, rumah sakit, serta fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Penilaian DMI telah menjadi fokus utama Kemenkes RI dalam mengukur tingkat kematangan digital di unit pelayanan kesehatan, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Dari 552 provinsi dan kabupaten/kota yang menjadi target penilaian, terdapat 54 provinsi dan kabupaten/kota dengan capaian skor rata-rata sebesar 2,36 dari total 5.00.

Pada kegiatan tersebut, apresiasi juga diberikan kepada 10 dinkes provinsi, 10 dinkes kabupaten/kota, dan 10 rumah sakit terpilih dengan nilai kematangan digital dan adopsi Rekam Medis Elektronik (RME) yang sangat baik dari berbagai daerah. Pencapaian skor rata-rata DMI dari 10 rumah sakit tersebut menyentuh nilai 4,52, dimana Kalbar menjadi salah satu dari 10 dinkes provinsi yang mendapat apresiasi sangat baik.

Bagikan