Kadiskes Prov. Kalbar Harap Gelaran RAKERKESKB Berdampak Positif Dalam Menghadirkan Rekomendasi dan Inovasi di Sektor Kesehatan

16 Oct 2024
infokes

SUKADANA - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kabupaten Kayong Utara menggelar pelaksanaan Rapat Kerja Kesehatan dan Keluarga Berencana (RAKERKESKB) daerah Kabupaten Kayong Utara dengan mengusung tema Penguatan Transformasi Kesehatan Melalui Integrasi Lintas Sektor, yang dipusatkan di Hotel Mahkota Kayong Sukadana, pada 14-15 Oktober 2024.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Kayong Utara Drs. Alfian Salam, M.M., Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr. Erna Yulianti, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kayong Utara dr. Maria Fransisca, unsur Forkopimda terkait di wilayah Kabupaten Kayong Utara, serta tamu undangan lain.

Membuka pelaksanaan RAKERKESKB, Pj Bupati Kayong Utara turut menekankan agar ajang RAKERKESKB ini dilaksanakan menjadi pendorong semangat memajukan Kabupaten Kayong Utara, melalui upaya meningkatkan derajat di sektor kesehatan.

Alfian meminta agar giat tersebut mampu menjadi wadah untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi antarlini dalam penguatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), melalui kesehatan.

“Melalui momentum ini, kita buktikan bahwa Kabupaten Kayong Utara memiliki potensi besar untuk bersaing, terutama di tataran Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalbar,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, dr. Erna Yulianti turut mengapresiasi dan mendukung upaya Dinkes dan KB Kayong Utara dalam upaya mewujudkan Transformasi Kesehatan. 

Disamping itu, dirinya juga berpesan agar jajaran Dinkes dan KB Kayong Utara untuk lebih getol dalam menggalakkan upaya intervensi pencegahan stunting di wilayah Kayong Utara.

“Dalam hal ini, saya mengajak seluruh pihak untuk ikut andil dalam penanganan stunting, salah satunya dengan cara melakukan Gerakan Orang Tua Asuh Stunting (GOTAS),” ucapnya.

“Melakui gerakan ini, diharapkan seluruh perangkat di Kabupaten Kayong Utara ini bisa ikut terlibat dan saling bahu-membahu dalam upaya penanganan dan pencegahan stunting sejak dini,” timpalnya.

Disisi lain, dr. Erna juga mengajak seluruh elemen kesehatan yang hadir dalam forum RAKERKESKB tingkat daerah Kabupaten Kayong Utara untuk ikut ambil peran dalam menangani berbagai permasalahan kesehatan, sesuai dengan tupoksi dan peran masing-masing.

Dirinya juga berharap, agar gelaran RAKERKESKB tahun 2024 di Bumi Bertuah ini bisa berjalan dengan lancar, serta menghadirkan berbagai rekomendasi yang bermanfaat bagi pembangunan kesehatan di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Kayong Utara sendiri.

“Hal ini yang juga terus saya tekankan, sebagai wujud dukungan penuh dalam mewujudkan Indonesia Emas di tahun 2045 mendatang,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kayong Utara, dr. Maria Fransisca turut menjelaskan bahwa lewat RAKERKESKB ini merupakan ajang evaluasi apa yang sudah dikerjakan, sekaligus wujud integrasi penguatan di sektor kesehatan.

Dia berharap lewat kegiatan ini mampu memberikan dorongan untuk mendongkrak kemajuan kesehatan di Kabupaten Kayong Utara.

“Tujuan utamanya tentu adalah agar menghasilkan rumusan strategi dan rencana kerja dalam peningkatan capaian program kerja, bagi Dinkes dan KB (Kayong Utara) kedepan,” bebernya.

“Sehingga hal tersebut dapat membawa kesejahteraan di sektor kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Kayong Utara,” tandasnya. (Dinkes Prov. Kalbar)

Bagikan