Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Dinkes Prov. Kalbar Selenggarakan Seminar Sehari dalam Rangka Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2023

Pontianak – Dinkes Prov. Kalbar selenggarakan seminar sehari sebagai puncak acara peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) tahun 2023 pada Selasa (10/10/2023) bertempat di Hotel Orchard Gadjahmada Pontianak. HKJS jadi ajang peringatan tahunan yang jatuh setiap 10 Oktober dan diciptakan serta diasosiasikan langsung oleh lembaga kesehatan dunia bernama World Federation of Mental Helath (WFMH).

Kegiatan ini dibuka oleh Plh. Kepala Dinas Kesehatan, Yulsius Jualang, S.Kep., M.Si dan dihadiri oleh perwakilan dari berbagai organisasi perangkat daerah di lingkungan Provinsi Kalimantan Barat, Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah se-Kota Pontianak dengan tema sedunia “Mental Health is a Universal Human Right” atau “Kesehatan Mental adalah Hak Asasi Manusia Universal” dan tema nasional “Sehat Jiwaku, Sehat Indonesiaku” serta sub tema “Jaga Jiwamu, Sehatkan Ragamu”. Dalam sambutannya Jualang mengajak untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran kesehatan jiwa, “HKJS hendaknya menjadi kesempatan bagi kita untuk meningkatkan pengetahuan, kesadaran, dan memotivasi tindakan guna melindungi kesehatan mental setiap individu sebagai hak asasi manusia universal. Kita semua mempunyai hak untuk hidup mandiri, terbebas dari diskriminasi, memperoleh pendidikan dan layanan kesehatan mental yang baik. Melakukan deteksi dini atau skrining kesehatan jiwa melalui aplikasi Sijiwa yang merupakan langkah awal pencegahan“.

Sebanyak tiga orang narasumber berkompeten dihadirkan untuk menyampaikan materi dan berbagi wawasan serta mengupas tuntas tema “stop bullying dan stigma, sehat jiwa untuk semua”, yaitu: dr. Silvia Erfan, Sp.KJ (Psikiater UPT KUSB Dinkes Prov Kalbar), Dr. Ns. Wahyu Kirana, M.Kep., Sp.Kep.J (Dosen Stikes Yarsi Pontianak), Umi Kalsum, S.Psi., M.Psi, Psikolog (Psikolog UPT KUSB Dinkes Prov Kalbar) dan dimoderatori oleh Ns. Juliansyah, S.Kep yang merupakan Sekretaris DPW PPNI Kalbar.

Selain seminar sehari, Dinkes Prov Kalbar juga melaksanakan serangkaian kegiatan untuk menyemarakkan HKJS tahun 2023, diantaranya yakni:

Dalam acara ini juga diumumkan pemenang lomba video pendek yang diikuti oleh SMA/SMK/MA se-Kota Pontianak yang mengangkat tema “Sadar Kesehatan Jiwa pada Remaja”, dimana SMA Kristen Immanuel Pontianak mendapat juara pertama, diikuti SMA Katolik Santu Petrus Pontianak menjadi juara kedua, SMA Swasta Kapuas Pontianak sebagai juara ketiga dan SMA Negeri 9 Pontianak memperoleh juara favorit.

October 10, 2023

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan D.A. Hadi No. 7 Pontianak
sekretariatdinkeskalbar@gmail.com