Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Dinkes Prov Kalbar Gelar Serah Terima Tugsus Nusantara Sehat ke Sebelas Dinkes Kabupaten

Masih banyak Puskesmas di Indonesia yang masih kekurangan dokter dan tenaga kesehatan lainnya. Kementerian Kesehatan RI akan memenuhi kebutuhan dokter dan tenaga kesehatan di Puskesmas melalui program Penugasan Khusus (tugsus). Penugasan khusus tenaga kesehatan merupakan pendayagunaan tenaga kesehatan melalui penempatan 9 jenis tenaga kesehatan prioritas di Puskesmas yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga farmasi, tenaga gizi, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga kesehatan masyarakat/ promosi kesehatan, dan ahli teknologi laboratorium medik.

Penugasan khusus yang dilaksanakan berdasarkan Permenkes Nomor 33 tahun 2018 tentang Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan dalam Mendukung Program Nusantara Sehat ini dilakukan melalui Nusantara Sehat dengan penempatan secara tim dan individual selama 2 tahun.

Nusantara Sehat secara tim merupakan pendayagunaan SDM Kesehatan dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah lebih dari 5 jenis tenaga kesehatan yang ditempatkan secara tim/berkelompok. Sedangkan yang dimaksud dengan Nusantara Sehat Individu adalah pendayagunaan SDM Kesehatan dalam kurun waktu tertentu dengan jumlah dan jenis tertentu yang ditempatkan secara individual.

Pemenuhan tenaga kesehatan melalui penugasan khusus diutamakan untuk mengisi Puskesmas yang memiliki kekosongan tenaga kesehatan di wilayah terpencil dan sangat terpencil.

Adapun pelaksanaan penugasan khusus nusantara sehat di Kalimantan Barat ditandai dengan acara penandatangan berita acara serah terima tugsus dari Provinsi Kalimantan Barat ke Kab/Kota yang diadakan pada Senin (7/11/2023) bertempat di Aula Husada Khatulistiwa II Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes Prov Kalbar, Yulsius Jualang beserta jajaran dan perwakilan dari Kab/Kota.

Kab/kota yang menerima tugsus sebanyak 11 daerah, antara lain: Kab. Kayong Utara (10 orang nakes), Kab. Melawi (6 orang nakes), Kab. Sanggau (32 orang nakes), Kab. Bengkayang (5 orang nakes), Kab. Kubu Raya (10 orang nakes), Kab. Landak (19 orang nakes), Kab. Sambas (30 orang nakes), Kab. ketapang (6 orang nakes), Kab. Sintang (18 orang nakes), Kab. Sekadau (5 orang nakes) dan Kab. Kapuas Hulu (49 orang nakes).

November 10, 2023

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan D.A. Hadi No. 7 Pontianak
sekretariatdinkeskalbar@gmail.com