Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Dinkes Kalbar Gelar Sosialisasi Uji Coba Aplikasi Uji Kompetensi Berbasis Computer Assisted Test (CAT) Jabatan Fungsional Kesehatan

Pontianak - Dinas Kesehatan Kalimantan Barat menggelar sosialisasi uji coba aplikasi uji kompetensi berbasis Computer Assisted Test (CAT) Jabatan Fungsional Kesehatan sebagai tindak lanjut dari surat Kementerian Kesehatan Direktorat Pembinaan dan Pengawasan Tenaga Kesehatan Nomor: PT.01.01/F.VI/2018/2024 tanggal 29 Mei 2024. Kegiatan yang di gelar Kamis (6/7/2024) ini dilaksanakan di Hotel Orchard Jl. Gadjahmada Pontianak dan dihadiri oleh peserta dari dinas kesehatan kabupaten/kota se-Kalimantan Barat serta penguji jabatan fungsional kesehatan perawat dan penguji jabatan fungsional kesehatan bidan. 

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Kesehatan, Yuliana ini diharapkan dapat meningkatkan objektivitas dan transparansi dalam penilaian kompetensi jabatan fungsional kesehatan. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif kepada para peserta mengenai proses uji coba dan implementasi sistem CAT, serta untuk menjawab berbagai pertanyaan dan kekhawatiran yang mungkin muncul terkait perubahan sistem ini. Adapun narasumber kegiatan ini berasal dari Direktorat Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, yang memberikan penjelasan mendetail mengenai mekanisme dan manfaat dari penerapan sistem CAT dalam uji kompetensi jabatan fungsional kesehatan. Disamping itu, para peserta juga berkesempatan melakukan ujicoba sistem serta melakukan diskusi dan tanya jawab terhadap sistem yang baru dihadirkan. 

Para peserta tampak sangat antusias mengikuti sosialisasi ini, hal ini tampak dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan pada sesi diskusi dan tanya jawab. Mereka mengapresiasi upaya Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan standar kompetensi tenaga kesehatan melalui penerapan teknologi yang lebih modern dan andal. Namun demikian mereka juga berharap adanya dukungan dalam peningkatan jaringan internet yang mutlak diperlukan dalam penggunaan sistem baru ini.  

June 7, 2024

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan D.A. Hadi No. 7 Pontianak
sekretariatdinkeskalbar@gmail.com