Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Dinkes Kalbar Gelar Rakerkesda 2024

21 Jun 2024
infokes

Foto: Pj. Gubernur menyampaikan arahan sekaligus membuka kegiatan

Pontianak - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Kalimantan Barat 2024 yang berlangsung di Hotel Aston Pontianak pada 19-21 Juni 2024. Rakerkesda 2024 dengan tema "Transformasi Kesehatan Berkelanjutan Menuju Kalbar Emas" diawali dengan kegiatan Pra Rakerkesda yang dibuka oleh Kadinkes Kalbar, Erna Yulianti. Dalam sambutannya, Erna Yulianti mengajak seluruh peserta bersama-sama berdiskusi untuk menghasilkan suatu kesimpulan dalam menangani permasalahan kesehatan di Kalimantan Barat.

Foto: Wamenkes, Dante Saksono Harbuwono memberikan keynote speech

Foto: Kadinkes Kalbar, Yuliana menyampaikan laporan panitia

"...dalam diskusi nanti dengan berbagai narasumber, kita merumuskan hal-hal yang memang untuk menunjang program-program tidak hanya Kab/Kota bahkan sampai ke lini bagian bawah..", ujar Erna Yulianti.

Para peserta yang antara lain terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan Kab/Kota se-Kalimantan Barat, Direktur RSUD se-Kalimatan Barat dan Organisasi Profesi selanjutnya mengikuti berbagai agenda kegiatan dan materi yang disampaikan dari berbagai narasumber, yakni Dirjen Kesehatan Masyarakat, Dirjen Pelayanan Kesehatan, Dirjen Tenaga Kesehatan, Pusat Data dan Teknologi Informasi, dan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes. Selain itu juga disampaikan beberapa presentasi best practice, diantaranya Best Practice Penerapan ILP di Kabupaten Bengkayang, Best Practice Percepatan Pencapaian Desa ODF di Kabupaten Sekadau, Best Practice Strategi Pemenuhan SDM Kesehatan di Kab. Kayong Utara, Best Practice Penurunan Stunting di Kota Pontianak dan Implementasi Pengampuan Layanan KIA dalam penurunan AKI dan AKB oleh RSUD dr. Soedarso.

Foto: Pj. Gubernur berfoto bersama

Selanjutnya agenda Rakerkesda 2024 ini dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Gubernur, Harisson dan dihadiri oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, Forkopimda Kalbar, Ketua DPRD Prov Kalbar, Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Bupati Walikota se-Kalimantan Barat, Rektor Universitas Tanjungpura, Pimpinan Bank Kalbar, Dirjen Yankes Kemenkes, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Kepala Dinas Kesehatan Kab/Kota se-Kalimantan Barat, Direktur RSUD se-Kalimantan Barat, Ketua Organisasi Profesi Provinsi Kalimantan Barat. 

Foto: Suasana peserta Rakerkesda

Foto: Penampilan tarian dalam acara pembukaan

Rakerkesda 2024 menjadi momentum penting bagi para pemangku kepentingan kesehatan di Kalimantan Barat untuk bersinergi dalam merumuskan dan mewujudkan Transformasi Kesehatan Berkelanjutan Menuju Kalbar Emas.

Bagikan