Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Bantu Kelancaran Arus Mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Dinkes Siagakan 4 Posko Pelayanan Kesehatan

PONTIANAK - Dinkes Provinsi Kalimantan Barat menyiagakan empat unit posko pelayanan kesehatan dalam rangka membantu kelancaran perayaan hari raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Keempat posko kesehatan tersebut, disebar di beberapa titik yang menjadi pusat arus lalulintas mudik.
Terkait hal tersebut, Kadinkes Prov. Kalbar, dr. Erna Yulianti mengatakan bahwa pengadaan posko pelayanan kesehatan ini merupakan tindaklanjut, setelah sebelumnya dilakukan koordinasi dengan lintas sektoral dalam upaya mensukseskan momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Posko (pelayanan kesehatan) ini kita adakan sebagai upaya kesiagaan dinkes bersama lintas sektoral dalam mensukseskan momen Natal dan Tahun Baru," ungkap dr. Erna kepada awak media di Ruang Kadinkes, Jumat (22/12/2023) sore.

Kadinkes menjelaskan, keberadaan posko pelayanan kesehatan bertujuan untuk memastikan setiap masyarakat yang mudik, dan memasuki wilayah Kalbar dalam keadaan sehat dan bugar.
Sementara empat posko yang dimaksud, ditempatkan di beberapa tempat yang menjadi akses pintu masuk ke wilayah Kalbar, baik lewat darat, perairan, dan udara.

"Dalam hal ini kita juga bekerjasama dengan melibatkan lintas sektoral, meliputi Biddokkes Polda Kalbar, AURI, KKP, dan pihak terkait lainnya," ujarnya.
"Posko yang kita bangun, yakni di Pelabuhan Kapuas Indah (Senghie), Pelabuhan Dwikora, Bandar Udara Supadio, dan ALBN Ambawang," sambung Kadinkes.

Sementara untuk di wilayah Kabupaten/Kota selain Kota Pontianak, Kadinkes memastikan sudah berkoordinasi dengan Dinkes dan RSUD setempat untuk menyiapkan fasilitas pelayanan kesehatan yang stand by 24 jam. (Dinkes Prov. Kalbar)

December 23, 2023

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Website Resmi Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Jalan D.A. Hadi No. 7 Pontianak
sekretariatdinkeskalbar@gmail.com