Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

[SELASEH - Selasa Sehat] Cegah Hepatitis Sedini Mungkin

8 Sep 2023
infokes

Hepatitis adalah penyakit yang menyebabkan peradangan pada hati karena toxin/racun, seperti bahan kimia atau obat-obatan ataupun agent penyebab infeksi seperti Virus Hepatitis A, B, C, D dan E dan merupakan penyakit yang dapat menular.

Jenis hepatitis yang paling banyak ditemukan yakni hepatitis A, B, C Penyakit Hepatitis masih menjadi ancaman kesehatan serius di masyarakat.

Pasien penderita Hepatitis A memiliki gejala demam, mual, muntah hebat dan kuning sedangkan Hepatitis B dan C tidak terdapat gejala meski dapat terinfeksi sejak lahir.

Penularan Hepatitis B dan C ini melalui melalui transfusi darah, jarum suntik, dan hubungan seksual.

Saat ini muncul beberapa kasus hepatitis di Kalimantan Barat yang masih dalam proses investigasi penyebabnya. Untuk mengetahui apakah seseorang mengidap hepatitis harus melakukan pemeriksaan.

Namun jika terdapat salah satu keluarga terkena hepatitis, maka anggota keluarga yang lain perlu dilakukan pemeriksaan.

Agar keluarga kita yang tercinta tidak terpapar hepatitis maka saya minta seluruh Masyarakat Kalimantan Barat untuk melakukan upaya pencegahan secara mandiri seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menggunakan air bersih, makan makanan yang sehat, melakukan aktivitas fisik, tidak berbagi barang probadi dengan orang lain atau memakai secara bersama-sama, dan menggunakan masker.

 

Serta melakukan 4 langkah penanganan jika terjadi hepatitis akut dengan:

a) Waspada gejala awal seperti diare, mual, muntah, sakit perut, dan dapat disertai demam ringan

b) Jangan menunggu muncul gejala lanjutan seperti kulit dan mata kuning, agar tidak terlambat

c) Jika muncul gejala awal, segera bawa pasien ke puskesmas dan rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lanjutan

d) Jika terjadi penurunan kesadaran, segera bawa pasien ke rumah sakit

 

#DinkesKalbar #Selaseh #SelasaSehat #Hepatitis #CegahHepatitisSediniMungkin #CegahHepatitis #Germas #Kesehatan #Kalbar #KalbarSehat

Bagikan