Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

[SELASEH-Selasa Sehat] - Ayo Kenali dan Sayangi Jantung Kita

26 Sep 2023
infokes

Berdasarkan laporan Kemenkes RI, penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua di Indonesia setelah penyakit stroke. Banyak yang menganggap bahwa penyakit ini menyerang pada usia tua, namun penerapan gaya hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan penyakit ini timbul pada usia muda.

Pada 29 September 2023 nanti akan diperingati Hari Jantung Sedunia dengan mengangkat tema Kenali dan Sayangi Jantung Sehatmu, hal ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat di seluruh dunia bahwa penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian utama di dunia sehingga perlu upaya pencegahan yang dimulali dengan mengenali kondisi jantung sejak dini.

Oleh karena itu saya mengajak masyarakat Kalimantan Barat untuk lebih mengenal kondisi jantungnya dengan menghitung denyut jantung yang merupakan gambaran keadaan jantung Anda.

Saat Jantung berdetak, tandanya jantung sedang memompakan darah ke seluruh tubuh yang bisa dihitung dengan cara berapa kali jantung berdetak dalam 1 menit. Denyut jantung yang normal jika tidak sedang beraktifitas umumnya berkisar antara 60 - 80 detak jantung per menit.

Jika denyut jantung sangat rendah atau jika sering mengalami episode detak jantung cepat yang tidak dapat dijelaskan, terutama jika menyebabkan ada keluhan, seperti merasa lemah atau pusing atau pingsan maka segeralah ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan pengobatan.

Selain itu perlu juga diketahui oleh masyarakat faktor yang mempengaruhi denyut jantung antara lain usia, tingkat kebugaran, perokok, memiliki penyakit kardiovaskuler/ kolesterol tinggi/diabetes, suhu udara, posisi tubuh, emosi dan obat-obatan.

 

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalbar

(dr. Erna Yulianti)

Bagikan