Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

[SELASEH - SELASA SEHAT] Ayo Jaga Jiwamu Sehatkan Ragamu

3 Oct 2023
infokes

Pentingnya menjaga kesehatan jiwa perlu diketahui sejak dini. Seseorang dengan jiwa sehat akan berpengaruh pula pada kondisi fisik juga kualitas hidup. Ketika seseorang sejahtera secara psikologis, sosial maupun emosional, maka bisa dikatakan bahwa individu tersebut memiliki jiwa yang sehat.

Jiwa yang sehat bisa dijadikan cikal bakal untuk membentuk tubuh yang sehat pula. Semua aktivitas serta kerja tubuh berada di bawah pengaruh otak atau pikiran.

Orang dengan jiwa yang sehat tentunya memiliki pikiran yang sehat. Dengan pikiran kita termindset dalam hal positif, maka akan menimbulkan energi yang baik untuk tubuh.

Energi baik tersebut yang nantinya akan menangkal semua energi negatif yang menyebabkan berbagai macam penyakit.

Jika kesehatan jiwa tidak dijaga dengan baik, maka individu berisiko mengalami gangguan jiwa yang dapat mempengaruhi kehidupan secara negatif.

Beberapa ciri-ciri yang mungkin muncul ketika mengalami gangguan jiwa termasuk perubahan suasana hati yang drastis, kesulitan tidur, kehilangan minat atau motivasi, perubahan berat badan yang signifikan, isolasi sosial, dan kesulitan dalam konsentrasi.

Jika individu mengalami gejala-gejala ini, penting untuk segera mencari bantuan dari profesional kesehatan jiwa.

Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS) yang diperingati tanggal 10 Oktober 2023 nanti mengangkat tema Jaga Jiwamu Sehatkan Ragamu, maka Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kesehatan mengajak seluruh masyarakat untuk lebih peduli menjaga kesehatan jiwa dengan memberikan reward kepada diri kita sendiri sebagai bentuk apresiasi yang bisa menghilangkan stres maupun depresi serta selalu beropini positif terhadap diri sendiri sebagai motivasi untuk terus mengembangkan potensi diri.

Dengan kesehatan jiwa yang terjaga maka tubuh pun menjadi lebih kuat dan sehat.

 

Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalbar

(dr. Erna Yulianti)

Bagikan