Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Jaga Kesehatan Tubuh Dengan Menjaga Kesehatan Gigi & Mulut

8 Mar 2024
infokes

Gambar: Kemenkes

Kesehatan adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Tubuh yang sehat tidak terlepas dari memiliki rongga mulut yang sehat. Kesehatan rongga mulut merupakan bagian integral dari kesehatan umum. Rongga mulut yang sehat memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi secara efektif, menikmati berbagai jenis makanan, meningkatkan kualitas hidup, percaya diri dan mempunyai kehidupan sosial yang baik. Rongga mulut yang tidak sehat dapat berpengaruh pada kehidupan seseorang, keterbatasan fungsi bicara, rasa sakit dan terganggunya waktu bekerja atau sekolah

Menurut Kemenkes RI, kesehatan gigi dan mulut sering kali tidak diprioritaskan bagi setiap orang. Padahal seperti kita ketahui, gigi dan mulut merupakan pintu gerbang masuknya kuman dan bakteri sehingga dapat mengganggu kesehatan organ tubuh lainnya. Masalah gigi berlubang masih banyak dikeluhkan baik oleh anak-anak maupun dewasa dan tidak bisa dibiarkan hingga parah karena akan mempengaruhi kualitas hidup dimana mereka akan mengalami rasa sakit, ketidaknyamanan.

Menurut WHO, kesehatan gigi dan mulut adalah indikator utama kesehatan secara keseluruhan, kesejahteraan, dan kualitas hidup. Kesehatan gigi dan mulut merupakan keadaan rongga mulut, termasuk gigi geligi dan struktur jaringan pendukungnya terbebas dari rasa sakit dan penyakit seperti kanker mulut dan tenggorokan, infeksi luka mulut, penyakit periodontal (gusi), kerusakan gigi, kehilangan gigi, serta penyakit dan gangguan lain yang membatasi kapasitas individu dalam menggigit, mengunyah, tersenyum, dan berbicara.

Untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan pada gigi dan mulut tersebut, berikut berbagai cara yang bisa dilakukan:

  1. Menggosok gigi minimal 2x sehari (pagi setelah makan dan malam sebelum tidur), Menyikat gigi sebaiknya jangan terburu-buru. waktu yang dibutuhkan sekitar dua menit untuk membersihkan gigi secara menyeluruh. Sikatlah gigi dengan lembut dengan gerakan melingkar bolak-balik untuk menghilangkan plak. Plak yang tidak dibersihkan bisa mengeras dan menyebabkan penumpukan karang dan gingivitis (penyakit gusi dini). Ingat, sikatlah bagian luar, dalam, dan permukaan gigi kamu yang sering digunakan untuk mengunyah.
  2. Bersihkan Lidah,  Saat membersihkan gigi, jangan lupa juga untuk membersihkan lidah dengan sikat gigi atau pembersih lidah. Pasalnya, plak juga bisa menumpuk di lidah kamu. Bila tidak dibersihkan, hal itu bisa menyebabkan bau mulut dan juga masalah kesehatan mulut lainnya.
  3. Pilihan sikat gigi yang tepat, Pemilihan sikat gigi yang tepat merupakan langkah awal menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut sehingga nyaman digunakan. Selain itu, pastikan bulu pada sikat gigi yang Anda pilih memiliki ujung yang kecil membulat. Jika sudah tiga bulan digunakan, sebaiknya mengganti sikat gigi tersebut.
  4. Mengurangi makanan manis, Menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat dilakukan dengan membatasi konsumsi minuman dan makanan manis, seperti minuman berenergi, bersoda, biskuit, roti, dan kue. Hal ini karena minuman maupun makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang.
  5. Tidak merokok dan mengonsumsi alcohol, Kandungan nikotin dan tar di dalam rokok dapat menyebabkan perubahan warna gigi. Kerugian lain jika Anda merokok adalah gigi menjadi rapuh dan mudah patah, serta meningkatkan risiko terkena kanker mulut. Oleh karena itu, hentikan kebiasaan merokok untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.
  6. Melakukan flossing, Flossing atau membersihkan gigi menggunakan benang gigi perlu dilakukan setiap sehari sekali. Flossing dilakukan untuk membersihkan kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Cara menggunakan benang gigi yaitu dengan melilitkan satu ujung benang di jari telunjuk tangan kanan dan satu ujung benang lainnya di jari telunjuk tangan kiri. Kemudian, jepit kedua ujung benang dengan jari telunjuk dan ibu jari. Biarkan benang tetap tegang dan bersihkan sela gigi satu per satu. Setelah itu, bisa menggunakan obat kumur dengan air garam, misalnya garam bambu, untuk membersihkan gigi dan mulut.
  7. Periksakan diri ke dokter gigi secara teratur, Kebiasaan sehari-hari yang lakukan di atas penting untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Disarankan untuk memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi tiap enam bulan sekali. Hal ini untuk mendeteksi lebih awal jika ada masalah pada gigi, gusi, maupun rongga mulut.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut yang tepat sangat penting agar terhindar dari berbagai macam penyakit atau komplikasi yang disebabkan oleh buruknya kualitas oral hygiene seseorang. Menjaga kesehatan gigi dan mulut sebenarnya tidak sulit kuncinya adalah menjalani upaya-upaya diatas secara konsisten dan menjadikannya suatu kebiasaan atau bagian dari rutinitas sehari-hari untuk mecapai suatu kesehatan gigi dan mulut yang optimal. Dengan demikian akan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan akan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik sehingga kesehatan jasmani dan rohani seperti yang diharapkan akan tercapai.

Sumber 

S. Eizulita, 2023, Kesehatan Gigi dan Mulut, Poltekes, Kemenkes RI

Anonim, 2024, Jaga Kesehatan Tubuh dengan Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Direktorat Pelayanan Kesehatan, Kemenkes RI

Bagikan