Hari Penglihatan Sedunia 2024

10 Oct 2024
infokes

Foto: detikcom/ilustrasi/thinkstock

Dilansir dari situs Badan Internasional untuk Pencegahan Kebutaan (IAPB), Hari Penglihatan Sedunia pada hari Kamis 10 Oktober 2024 memusatkan perhatian dunia pada pentingnya perawatan mata pada kaum muda dan menginspirasi anak-anak di mana saja untuk mencintai mata mereka.

Hari ini berfungsi sebagai inspirasi untuk menjadikan penglihatan bagi generasi muda dan anak-anak sebagai prioritas. Generasi anak-anak yang memiliki semua informasi yang mereka butuhkan untuk melindungi mata mereka dan, yang terpenting, mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga penglihatan mereka – mulai dari mengurangi waktu menonton layar dan mengutamakan kegiatan di luar ruangan hingga mencari bantuan untuk penyakit dan ketidaknyamanan apa pun.

Melalui peringatan Hari Penglihatan Sedunia juga dapat mendorong kepedulian organisasi, komunitas, dan individu dalam memastikan bahwa anak-anak tidak hanya memahami pentingnya menjaga kesehatan mata mereka tetapi juga terbebas dari beban stigma sosial apa pun yang terkait dengan penggunaan kacamata dan perawatan korektif lainnya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk terlibat dan berpartisipasi dalam mendukung peringatan Hari Penglihatan Sedunia antara lain:

  • Jalani Pemeriksaan Mata: Jadwalkan pemeriksaan mata komprehensif untuk memastikan penglihatan Anda sehat, dan dorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.
  • Advokasi Kesehatan Mata: Advokasi kebijakan yang meningkatkan akses ke layanan perawatan mata, khususnya di komunitas yang kurang terlayani.
  • Mendidik Orang Lain: Bagikan informasi tentang pentingnya kesehatan mata dan pencegahan kehilangan penglihatan dengan komunitas Anda dan di media sosial.
  • Selenggarakan Acara Kesehatan Mata: Selenggarakan lokakarya, pemeriksaan, atau kampanye kesadaran kesehatan mata untuk melibatkan komunitas Anda.
  • Mendukung Penelitian Penglihatan: Berkontribusi pada inisiatif penelitian yang berfokus pada pemahaman dan perawatan kondisi mata.

Sumber:

- IAPB - world sight day 2024. https://www-iapb-world.translate.goog/world_sight_day?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

- Awareness days. https://www-awarenessdays-com.translate.goog/awareness-days-calendar/world-sight-day-2024/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Bagikan