Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Fakta dan Mitos seputar Asma, Ada Tips nya juga loh

1 Aug 2023
infokes

Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak akibat peradangan dan penyempitan pada saluran napas. Asma dapat diderita oleh semua golongan usia, baik muda maupun tua.

Berikut Mitos dan fakta seputar Penyakit Asma:

01 Mitos: penyakit asma bisa disembuhkan 

Fakta: Seseorang dengan asma tidak bisa 100% bebas dari penyakitnya, tetapi asma dapat dikendalikan dan seseorang dengan asma dapat beraktivitas biasa seperti orang Iain. 

Tips: Mengenali dan mencegah faktor pencetus (debu, dingin, flu, stress, bulu binatang, tungau debu rumah, polusi, asap rokok) dapat mencegah serangan asma. 

 

02 Mitos: Asma adalah penyakit keturunan 

Fakta: Sebagian asma bersifat genetis, tapi dapat juga dialami oleh seseorang tanpa riwayat keluarga menderita asma.  Bila salah satu orang tua menderita asma,  risiko mengidap asma 3x lebih besar daripada orang Iain yang orang tuanya tidak mengidap asma.

 

03 Mitos: Penderita asma tidak boleh berolahraga 

Fakta: Pasien asma butuh berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Pilihlah aktivitas olahraga yang tidak terlalu melelahkan. 

Tips: Berenang, berjalan kaki, bersepeda atau yoga adalah pilihan olahraga yang baik untuk pasien asma. 

 

04 Mitos: Penggunaan inhaler akan menyebabkan ketergantungan 

Fakta: Justru pengobatan asma dalam bentuk aerosol dengan inhaler merupakan kemajuan terpenting dalam pengobatan Asma. Inhaler bekerja langsung pada saluran napas, sehingga efek samping lebih rendah dibandingkan obat  minum. 

 

Tips: Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah cara penggunaan inhaler anda sudah tepat

 

Sumber: telah tayang dengan judul yang sama di halaman https://www.rspp.co.id/artikel-detail-187-Fakta-dan-Mitos-seputar-Asma,-Ada-Tips-nya-juga-loh.html

Bagikan