Workshop Bimtek Kesehatan Lingkungan “ Strategi Peningkatan Kinerja STBM “

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Sanitasi  Total berbasis masyarakat  (STBM ) merupakan pendekatan  untuk merubah perilaku hygiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat  dengan metode pemicuan. STBM sebagai acuan nasional   untuk Program sanitasi berbasis masyarakat  sejak  lahirnya Kepmenkes No. 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang  strategi  Nasional Sanitasi total berbasis masyarakat.

Untuk mencapai  strategi STBM tesebut Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat telah menyelenggarakan   Workshop Bimbingan Teknis Kesehatan Lingkungan bertempat di hotel Neo jalan Gajah mada Pontianak dari tanggal 29 April 2019 s.d 1 Mei 2019.  Dimana bertujuan workshop adalah untuk mendapatkan  gambaran dan penjelasan mengenai  pelaksanaan program kesehatan lingkungan , kesehatan kerja dan olah raga dengan indicator kinerja program yang akan dicapai sesuai dengan tugas dan fungsi di kabupaten.

Kegiatan ini di buka resmi oleh plt.Kepala Dinas Kesehtaan Provinsi Kalimantan Barat drg. Hari Agung Tjahyadi, M,Kes. Secara khusus beliau menyampaikan bahwa  untuk mencapai indicator kinerja kegiatan ada 3 hal yaitu: 1) diperolehnya data indicator kinerja pelaksanaan program kesehatan lingkungan, 2) diperolehnya data Kabupaten/Kota dan Puskesmas yang menyususn RKA pelaksanaan Program STBM Lokus dan luar lokus dan 3) diperolehnya data capaian Indikator  Kinerja Kesling Kesjaor melalui E-Monev  Kesling.

Dalam sambutannya Plt. Kadinkes menambahkan sasaran Workshop  Teknis Kesehatan Lingkungan ini adalah Fasilitator STBM Kabupaten dan Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olah Raga per Kab/Kota , dan diharapkan  bermanfaat bagi Puskesmas ,Dinas KesehatanKab/Kota, Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, Fasilitator STBM serta institusi lintas sektor dan yang berkepentinagan dalam menggunakan Data Kesehatan Lingkungan.

Suatu masyarakat  dikatakan mencapai kondisi sanitasi total  apabila seluruh komponen didalam masyarakat melakukan 5 pilar STBM, maka terciptalah lingkungan yang sehat dan bersih, sebagai sambutan penutup dari plt.Kadinkes Prov. Kalimantan Barat. (rme / sbr : Seksi Kesling & Kesjaor )

BERITA DI PUBLISH OLEH TIM WEBSITE
DINAS KESEHATAN PROVINSI KLAIMANTAN BARAT

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Recent Post

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *