Waspada Kabut Asap Kualitas Udara Kota Pontianak Tidak Sehat

Beberapa tahun terakhir sering terjadi kebakaran hutan setiap tahunnya, khususnya pada musim kemarau, dampak dari terjadinya kebakaran hutan timbulnya  kabut asap yang berdekatan dengan lokasi kebakaran hutan dan lahan, kabut asap yang tebal dan bertahan lama menjadikan masyarakat sekitar terkena Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), bahkan daya tahan fisiknya pun mulai menurun.

Angka ISPU dapat dikategorikan dari yang paling baik hingga yang sangat berbahaya, angka ISPU antara 0-50 dan 51-100 dikategorikan baik dan sedang, masing-masing tidak berdampak pada kesehatan. Angka ISPU 101-199 dikategorikan tidak sehat, karena dapat menimbulkan gejala iritasi pada saluran pernafasan. ISPU antara 200-299 dikategorikan sangat tidak sehat, karena pada penderita gangguan pernafasan, pneumonia dan jantung maka gejalanya akan meningkat. Angka ISPU antara 300-399 termasuk kategori yang berbahaya. Biasanya orang yang sehat akan mudah mengalami kelelahan dan bagi penderita 7 penyakit, gejalanya bisa menjadi semakin serius. Sedangkan angka ISPU lebih dari 400 dikategorikan sangat berbahaya bagi semua orang yang berada di wilayah yang terpapar tersebut (Kementerian Kesehatan RI, 2016).

Pada saat ini kota Pontianak memiliki angka Indeks Standar Pencemaran Udara ( ISPU ) yang cukup tinggi, berdasarkan data angka ISPU telah berada pada level tidak sehat yaitu, 147 pada tanggal 18/02/2021 dan dapat berdampak pada penderita penyakit paru-paru, seperti asma, anak-anak dan lansia dan orang-orang yang aktif di luar ruangan dalam jangka waktu lama harus mengurangi aktivitas di luar ruangan dan atau bekerja berat. Untuk itu tetap jaga kesehatan kita beserta keluarga dengan minum air putih yang cukup delapan gelas sehari, memperbanyak makan sayur dan buah yang mengadung mineral dan vitamin, jika keluar rumah tetap menggunakan masker dan tidak berada di luar ruangan dalam waktu yang lama, mengurangi aktivitas di luar rumah.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top