Vaksinasi Massal Tenaga Kesehatan Dalam Rangka Hut Ke 64 Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat

Vaksin adalah sejenis produk biologis yang mengandung unsur antigen berupa virus atau mikroorganisme yang sudah mati atau sudah dilemahkan dan juga berupa toksin mikroorganisme yang telah diolah menjadi toksid atau protein rekombinan, yang sudah ditambahkan dengan zat lainnya. Vaksin berguna untuk membentuk kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu. Pemerintah menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinis sesuai rekomendasi WHO (Organisasi Kesehatan Dunia).

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat mengadakan vaksinasi massal untuk tenaga kesehatan yang ada di Pontianak. Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat mengatakan bahwa vaksinasi massal ini dilakukakan untuk pencegahan wabah Virus Covid-19 kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada di kota Pontianak pada tahap pertama. Vaksinasi massal dilaksanakan di Gedung Khatulistiwa II Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Jl. D.A Hadi No. 07 Pontianak dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB. Syarat untuk melakukan vaksinasi adalah melakukan pendaftaran dengan link yang telah disediakan oleh  bagian pendaftaran, merupakan tenaga kesehatan, belum pernah terkena Covid-19, belum pernah melakukan vaksinasi Covid-19. Kegiatan ini merupakan vaksinasi massal pertama, setelah ini akan dilanjutkan dengan vaksinasi lanjutan ke dua.

Pelaksanaan vaksinasi di mulai dengan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, mengukur suhu tubuh, pemeriksaan tekanan darah, skrining kesehatan kepada tenaga kesehatan. Setelah itu peserta vaksinasi akan di suntik vaksinasi massal pertama dan mendapatkan sertifikat bahwa telah melakukan vaksinasi Covid-19 tahap awal. Pelaksanaan vaksinasi massal dilaksanakan selama tiga hari 28 s/d 30 Januari 2021. Sebagai penutup dr. Harisson, M.Kes mengingatkan kepada seluruh tenaga kesehatan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan wajib  menjalankan 3M dengan memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta mencuci tangan memakai sabun.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top