Date & Time |
Menu

UPT. Pelayanan Kesehatan Paru Terjun Langsung ke masyarakat untuk Deteksi Dini Paru Sehat

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Disamping tugas pokoknya untuk memberikan pelayanan Kesehatan Paru di dalam gedung , UPT Kesehatan Paru Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat  yang beralamat di Jl. KS Tubun Pontianak , juga melakukan pelayanan langsung ke masyarakat secara Mobile  khususnya  pada pekerja pabrik di perusahaan yang langsung terpapar oleh bahan /zat kimia yang mempengaruhi kesehatan paru mereka. Kegiatan mobile pelayanan kesehatan paru juga  sebagai  salah satu bentuk  konkret  dari  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( GERMAS) yaitu mendekatkan  akses pelayanan kepada Masyarakat.

Latar Belakang pelaksanaan Mobile Pelayanan Kesehatan Paru  , menurut  dr. Fransisca  antara lain Karena masih banyak ditemukan pasien TERPAPAR TB yang dirujuk ke UPT Pelayanan Kesehatan Paru sudah dalam kondisi kesehatan  paru yang berat.  Kemudian  ditemukan  di lapangan  bahwa masyarakat banyak yang tidak tahu/kurang mengerti tentang penyakit yang di derita nya.  Sehingga  UPT Kesehatan Paru berinisiatif untuk membuat satu kegiatan jemput bola langsung ke masyarakat, sehingga dapat segera menemukan sedini mungkin   pasien TB dan gangguan Paru lain nya . Sedangkan sasarannya adalah para pekerja di Pabrik /Industri/Perusahaan dimana mereka dalam keseharian nya terpapar langsung dengan bahan kimia, dalam waktu lamak, kondisi ini dapat merusak saluran pernapasan khususnya paru.

Menurut  dr Fransisca  ( Kepala UPT Kes Paru  )  bahwa  maksud dan tujuan kegiatan Mobile Pelayanan  kesehatan paru) , adalah  untuk   

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan,
  2. Memberikan informasi kepada para pekerja  industry kecil dan besar , pabrik , perusahaan tentang paru sehat dan paru yang mengalami gangguan serta pencegahannya ,  dan 
  3. Melakukan Deteksi Dini pada pekerja yang mengalami ganngguan paru , pekerja yang  sudah  terpapar TB tapi  belum di obati , pekerja yang kurang gizi dan pekerja yang kurang  pengetahuan tentang kesehatan.

Kegiatan Mobile pelayanan kesehatan Paru dan deteksi dini  baru dilaksanakan di 3 perusahaan yaitu :

  1. Muara Jaya  ABADI  ( pabrik daur ulang Besi )                
  2. Satwa Mandiri Jaya ( Pabrik pakan Ayam )
  3. PT Alas Kusuma ( perusahaan kayu )

Adapun Kegiatanya antara lain :

  1. Penyuluhan Kesehatan Paru pada Pekerja dan pihak perusahaan / Pabrik
  2. Konsultasi kesehatan dan  Gizi
  3. Uji Fungsi faal paru dengan Spirometri dan smokelizer.
  4. Pemeriksaan PTM dengan Accu Cek  ( HB, Asam Urat,Cholesterol )   

Dalam melakukan kegiatan ini UPT.Pelayanan Kesehatan Paru bekerjasama atau berkoordinasi dengan  fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat baik di kota maupun di kabupaten, khusus nya Puskesmas guna mendukung terselenggaranya pemeriksaan kesehatan Paru mobile  dapat berjalan dengan  baik dan sukses. (dkw)

BERITA DI PUBLISH OLEH TIM WEBSITE
DINAS KESEHATAN PROVINSI KLAIMANTAN BARAT

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Recent Post

Back To Top