Upaya Tanggap Darurat Bencana, Dinkes Prov Kalbar Gelar Workshop Pembentukan Disaster Medical Team (DMT)

PONTIANAK – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menggelar Workshop Pembentukan Disaster Medical Team (DMT), yang digelar di Hotel Avara Pontianak, Rabu (7/9/2022).

Pertemuan ini digelar oleh Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Prov Kalbar dan dihadiri oleh peserta yang terdiri oleh lintas Sektor dan beberapa Organisasi Profesi Kesehatan.

Kegiatan ini digelar dalam rangka penanggulangan krisis kesehatan dengan upaya mendukung dan mengaktifkan pelayanan kesehatan di faskes daerah yang terdampak bencana dan tanggap darurat terjadinya bencana.

Dalam sambutannya, Kadis Kesehatan Prov Kalbar drg. Hary Agung Tjahyadi, M.Kes. menyampaikan 93% bencana merupakan bencana hidrometeorologi didominasi banjir longsor dan puting beliung yang terjadi dari 2021 di Kalimantan Barat. Kondisi Geografis, Geologis, hidrologis dan demografis memungkinkan untuk terjadinya bencana.

Setidaknya ada 6 kejadian bencana sepanjang tahun 2021 berupa banjir, tanah longsor, puting beliung, banjir bandang, banjir pasang serta gelombang ekstrim yang terjadi di Kalbar lanjut Kadis Kesehatan.

Dari kejadian bencana ini tentunya akan berdampak pada krisis kesehatan berupa; korban jiwa, cidera, pengungsian, penyakit menular, dan bisa munculnya dampak kesehatan dari bencana tersebut berupa DBD, Ispa, Penyakit Kulit, Diare, dan Leptoapirosia.

Bapak Hary juga menyebutkan dari kejadian tersebut tentunya diperlukan pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna, serta dibutuhkan peran stake holder yang ada.

Kegiatan ini selanjutnya diisi dengan materi yang disampaikan langsung oleh Pusat Krisis Kementrian Kesehatan, BNPB Pusat, RS Bhayangkara dan BPBD Prov Kalbar. (ar)

 

 

#KemenkesRepublikIndonesia #DinkesKalbar #HaryAgungTjahyadi #BidangPelayananMasyarakat #Kalbar #KalbarSehat

Galeri Kegiatan
Previous
Next
Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top