Tips Mengajarkan Anak Untuk Terbiasa Memakai Masker Saat Keluar Rumah

Dinkes Kalbar – Pandemi Covid-19 belum juga usai. Upaya pencegahan penularan Covid-19 dengan menaati protokol kesehatan harus selalu kita gaungkan. Salah satunya adalah kita harus tetap konsisten untuk menggunakan masker ketika keluar rumah, tak terkecuali anak-anak. Sayangnya, tidak sedikit anak yang masih sulit diminta untuk mengenakan masker.

Merasa tidak nyaman ketika bernafas, gerah ataupun merasa gatal menjadi alasan anak-anak tidak mau memakai masker ketika keluar rumah. Padahal memakai masker dengan benar merupakan salah satu protokol kesehatan wajib agar terhindar dari penularan virus Covid-19.

Lantas bagaimana cara membiasakan anak menggunakan masker ketika keluar rumah, simak 6 tips berikut yang dilansir dari info resmi website covid19.go.id

Father putting a protective mask on his son ,Asian family wearing face mask for protection during the quarantine Coronavirus covid 19 outbreak
  1. Jelaskan Dengan Sederhana

Jelaskan mengapa wajib memakai masker namun dengan cara yang tidak menakutkan bagi anak. Contoh: “Kita pakai masker agar kita tetap sehat”.

  1. Kenalkan Dengan Metode Bermain

Gunakan permainan seperti berpura-pura untuk membantu anak terbiasa dengan masker, diwaktu bermain bersama ataupun hanya sekedar mengobrol. Jadi orang tua harus selalu mengisyaratkan anak untuk selalu membiasakan memakai masker.

  1. Berikan Pilihan Pada Anak

Berikan kesempatan anak untuk memilih masker yang ingin digunakan agar anak merasa senang memakai masker pilihannya sendiri.

  1. Buat Kesepakatan Sebelum Keluar Rumah

Buatlah kesepakatan dengan anak untuk memakai masker sebelum keluar dari rumah. Contoh: “Kita akan membeli makanan diluar, adik harus memakai masker ya kalau mau ikut”.

  1. Ingatkan Anak Jika Lepas Masker

Anak-anak memiliki ingatan dan pengendalian diri yang terbatas. Apabila anak melepaskan makernya, orang tua harus mengingatkan untuk memakainya kembali.

  1. Gunakan Bahan Masker Yang Nyaman Untuk Anak

Pastikan bahan masker yang digunakan nyaman, lembut dan tidak menyebabkan gatal pada kulit.

Selalu terapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun) untuk kebaikan kita bersama. Jangan lupa segerakan untuk divaksinasi Covid-19.

 

Sumber : https://covid19.go.id

#dinkeskalbar #taatprokes #pakaimasker #wajibpakaimasker

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top