Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Dengan Gaya Hidup Sehat Di Masa Pandemi

Pandemi Covid 19 menyebabkan banyak perubahan dalam kehidupan sehari-hari. Gizi yang baik juga sangat penting sebelum, selama dan setelah infeksi. Infeksi menyebabkan tubuh korban demam, sehingga membutuhkan energi dan zat gizi. Karena itu pola makan yang sehat sangat penting selama pandemi Covid 19. Meskipun tidak ada makanan atau suplemen makanan yang dapat mencegah infeksi Covid 19, mempertahankan pola makan gizi seimbang yang sehat sangat penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik. Meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu kunci agar tidak tertular virus Covid 19

Hal-hal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, yaitu:

1. Makan Makanan Bergizi Seimbang

Makan makanan bergizi sangat penting untuk membangun kekebalan tubuh yang kuat agar terlindungi dari infeksi virus, serta memberikan perlindungan ekstra tubuh.

Dalam isi piring makan sehari-hari sebaiknya terdiri dari: makanan pokok (sumber karbohidrat), lauk pauk (sumber protein), sayuran dan buah-buahan (sumber vitamin mineral).

2. Cuci Tangan Dengan Air Mengalir dan Sabun

Mencuci tangan merupakan pilar utama untuk mencegah infeksi yang masuk melalui tangan, karena tangan merupakan sumber penularan kuman secara langsung maupun tidak langsung.

Bagaimana cuci tangan yang benar?

Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun selama kurang lebih 40-60 detik dengan mengikuti 5 langkah cuci tangan yang benar yaitu:

3. Rutin Berolahraga

Berolahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sistem metabolisme. Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan produksi antibodi. Selain itu berolahraga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan tetap menjalin silaturahmi secara online dapat menurunkan hormon stress tubuh sehingga memberikan kekuatan tambahan pada sistem kekebalan tubuh.

Berapa lama sebaiknya kita berolahraga?

Lakukanlah aktivitas fisik sekurang-kurangnya 30 menit secara rutin 3-5 kali seminggu untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mempertahankan berat badan ideal dan mencegah kegemukan.

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top