TIM DINAS KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT TERUS TANPA KUNJUNG LELAH TERUS MELAKUKAN UPAYA PEMERIKSAAN RAPID TEST

Rapid test merupakan upaya screening untuk mengetahui apakah seseorang berisiko terhadap Covid-19 atau tidak, apabila hasil pemeriksaan pertama rapid test menunjukkan hasil negatif, bukan berarti seseorang yang di test tersebut benar-benar negatif Covid-19 karena bisa saja saat rapid test pertama dilakukan, antibodinya belum terbentuk, oleh karena itu rapid test harus diulang dalam waktu 7 s/d 10 hari, sebaliknya jika hasil pemeriksaan rapid test positif maka akan dilanjutkan pemeriksaan swab dengan PCR ( Polymerase Chain Reaction ) untuk menunjukkan bahwa orang yang dites tersebut benar-benar terkena Covid-19.

Pelaksanaan Rapit Test yang telah dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat di mulai dari tanggal 30 April 2020 s/d 18 Mei 2020 telah melakukan Rapid Test sebanyak 26.500 test  dari berbagai kabupaten / kota. Dari hasil tersebut, diketahui 1312 orang yang reaktif. Pemeriksaan dilanjutkan dengan PCR dan dikirim ke Jakarta, sebagian juga dilakukan di Laboratorium RS. UNTAN Pontianak. Dari hasil tesebut terdapat pengurangan sebanyak 355 orang yang hasil PCRnya negatif. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr. Harisson, M.Kes mengatakan secara keseluruhan untuk di wilayah Kalimantan Barat hasil reaktif Covid-19 yang tertinggi di Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang, dan Kota Pontianak.   

Dalam menyikapi wabah Covid-19  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menghimbau kepada masyarakat kewaspadaan perlu ditingkatkan ketika  ke luar rumah di tengah mewabahnya virus corona Covid-19,  Jika terpaksa ke luar rumah mencuci tangan sesering mungkin, memakai masker, menjaga jarak antara satu orang dengan orang lainnya (social distance) dan menjaga kebersihan diri serta makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan system imunitas tubuh dan cukup istirahat.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top