TANGGAP DARURAT TIM COVID-19 DINAS KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN BARAT MELAKUKAN PENYEMPROTAN DISINFEKTAN KE FASILITAS UMUM, KANTOR DAN RSUD DI WILAYAH KOTA PONTIANAK DAN KABUPATEN KUBU RAYA

Disinfeksi merupakan salah satu cara dengan penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat membunuh kuman/mikroba (bakteri, fungi, dan virus) yang terdapat di permukaan benda mati (non-biologis, seperti pakaian, lantai, dinding). Efektivitas dari disinfektan dievaluasi berdasarkan waktu kontak atau “wet time”, yakni waktu yang dibutuhkan oleh disinfektan tersebut untuk tetap berada dalam bentuk cair/basah pada permukaan dan memberikan efek “membunuh” kuman. Waktu kontak disinfektan umumnya berada pada rentang 15 detik sampai 10 menit, yakni waktu maksimal yang ditetapkan oleh United States Environmental Protection Agency (EPA).

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat melakukan penyemprotan disinfektan  di beberapa  masjid dan Musholla yang ada di Kota Pontianak, yaitu: Masjid Mujahhidin di JL. A.Yani, Kec.Pontianak Selatan, Mesjid Al-Huda Jl. Karet, Mesjid Al-Jihat Jl. Sumatra, Musholla dan Kantor Dinas Kesehatan Prov Kalbar, RSUD Dr. Soedarso Pontianak, RS Bersalin Nabasa, RSIA Anugrah Bunda Khatulistiwa, RS Antonius, RSI Yarsi, Sekolah MINT Bawamai, TPA PAL III Sungai Jawi dan beberapa fasilitas umum lainnya yang ada dim Kota Pontianak untuk mencegah penyebaran Covid-19. Penyemprotan dilakukan agar  wabah Covid-19 di Kota Pontianak dapat di cegah dengan membunuh kuman berupa virus dan bakteri dan di harapkan masyarakat  tidak  lagi khawatir jika berkumpul di masjid untuk beribadah.

Penyemprotan desinfektan ini di sambut baik oleh warga Kota Pontianak karena merupakan salah satu cara dalam  mengantisipasi wabah Covid-19 dan dilakukan di sejumlah titik-titik yang rawan yang dimungkinkan berpotensiadanya virus dan bakteri. Titik-titik rawan itu, seperti tempat wudhu, karpet, hingga mimbar imam. 

Untuk mencegah wabah virus Covid-19 ini menghimbau pada kepada masyakat agar mengurangi interaksi sosial, tetap tinggal dalam rumah tidak usah keluar terkecuali ada hal-hal penting, menjaga jarak minimal satu sampai dua meter agar tidak kontak secara langsung dengan orang lain.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top