Suka Bersepeda? Berikut Beberapa Manfaat Olahraga Bersepeda di Pagi Hari

Ada banyak manfaat bersepeda di pagi hari untuk kesehatan fisik dan mental. Bersepeda merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik yang mudah dilakukan, murah dan juga ramah lingkungan. Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk bersepeda, serta berapa jam bersepeda yang baik, mari kita simak uraian lengkapnya berikut ini.

Manfaat bersepeda di pagi hari

Ada banyak manfaat bersepeda di pagi hari bagi kesehatan tubuh, seperti:

  1. Memperkuat otot kaki

Mengayuh sepeda merupakan latihan yang baik untuk memperkuat otot kaki tanpa memberikan tekanan yang berlebihan. Bersepeda dapat memperkuat otot di paha depan, paha belakang, bokong, dan betis.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Bersepeda adalah salah satu jenis olahraga kardio, sehingga bersepeda di pagi hari dapat meningkatkan kesehatan jantung. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan sepeda tidak hanya pada saat berolahraga, tapi juga sebagai pilihan kendaraan untuk ke tempat kerja, sekolah, ataupun tujuan lainnya.

  1. Memperkuat otot inti

Manfaat bersepeda yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah melatih tubuh bagian atas. Sebab, saat bersepeda Anda perlu berusaha menjaga sepeda tetap di posisi yang tepat. Ini akan membuat otot-otot bekerja lebih keras. Selain memperkuat otot inti, bersepeda di pagi hari juga dapat memperkuat punggung.

  1. Menjaga tekanan darah

Bersepeda dapat membantu menurunkan tekanan darah selama periode waktu tertentu hingga 4,3% setelah 3 bulan, dan 11,8% setelah 6 bulan. Tekanan darah terkontrol dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Menjaga berat badan ideal

Manfaat bersepeda di pagi hari yang mungkin membuat banyak orang tertarik adalah kemampuannya dalam menurunkan atau mengontrol berat badan agar ideal. Bersepeda mampu membakar hingga 300 kalori per jam, meningkatkan laju metabolisme, membangun otot dan membakar lemak tubuh.

  1. Meningkatkan kesehatan paru-paru

Berolahraga termasuk bersepeda secara rutin bisa membantu meningkatkan kesehatan paru-paru. Melakukan kegiatan fisik juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, sehingga risiko terkena infeksi pernapasan bisa menurun.

  1. Kesehatan mental

Manfaat bersepeda di pagi hari juga bisa dirasakan secara psikologis. Dengan bersepeda, maka fungsi kognitif akan meningkat. Olahraga teratur seperti rutin bersepeda dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

  1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Semua olahraga tentu baik untuk kesehatan, namun bersepeda dianggap lebih menyehatkan dibanding beberapa jenis olahraga lain. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang sering bersepeda biasanya lebih bugar jika dibandingkan orang yang melakukan aktivitas fisik lainnya.

  1. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Manfaat bersepeda di pagi hari lainnya adalah untuk merangsang daerah motorik di sistem saraf pusat dan dapat membantu meningkatkan pembelajaran dan keseimbangan motorik. Bersepeda direkomendasikan sebagai program rehabilitasi yang efektif untuk orang dengan masalah keseimbangan dan berjalan.

People photo created by jcomp - www.freepik.com

Kapan waktu paling tepat untuk bersepeda?

Hingga saat ini belum ada penelitian yang menyebutkan waktu terbaik untuk bersepeda secara spesifik. Sebab bersepeda baik pagi atau malam, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Kelebihan bersepeda di pagi hari

Beberapa kelebihan bersepeda di pagi hari adalah sebagai berikut:

  • Mendapatkan tambahan endorfin di pagi hari, yang berarti kita dapat memulai hari dengan suasana hati yang lebih baik.
  • Berolaharaga selama 45 menit di pagi hari akan membuat kita lebih mampu menahan godaan untuk makan berlebihan.
  • Memulai hari dengan aktivitas fisik akan mendorong kita menjadi lebih aktif bergerak di sepanjang hari.
  • Dapat meningkatkan metabolisme sehingga mampu membakar kalori lebih banyak sepanjang hari
  • Kita akan memiliki kualitas tidur lebih baik jika dibandingkan orang yang berolahraga di malam hari

Pagi hari memang bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersepeda. Namun tidak sedikit orang yang kesulitan menyisihkan waktunya, terutama pada hari kerja. Maka bagi sebagian orang, bersepeda di pagi hari sulit untuk dijadikan rutinitas.

Kelebihan bersepeda di malam hari

Malam hari juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk bersepeda. Melakukannya di malam hari memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Kemampuan performa tubuh dianggap mencapai puncaknya saat petang. Termasuk kekuatan otot dan ketahanan dalam berolahraga.
  • Tubuh berolahraga paling efektif antara jam 2-6 sore, saat suhu tubuh paling tinggi sepanjang hari
  • Saat malam hari, kita dalam kondisi paling tanggap dan awas.
  • Detak jantung dan tekanan darah lebih rendah pada malam hari, dimana hal ini dapat menurunkan risiko cedera saat bersepeda.

Meskipun demikian, bersepeda di malam hari mungkin dapat membuat sulit tidur. Maka sebaiknya pilih waktu yang tepat untuk bersepeda di malam hari agar tidak mengganggu jadwal tidur.

Berapa durasi bersepeda yang baik?

Orang dewasa dianjurkan untuk berolahraga aerobik tingkat sedang, seperti bersepeda, setidaknya 150 menit per minggu. Kita bisa membaginya dalam beberapa sesi, seperti 30-60 menit sekali bersepeda sebanyak 3-5 hari seminggu. Kita juga dapat menyesuaikan waktu bersepeda dengan kesibukan yang dijalani.

Untuk bersepeda dengan aman, mulailah dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu. Kayuh sepeda dengan lambat selama 5 hingga 10 menit pertama. Setelah itu, tingkatkan kecepatan hingga mulai berkeringat. Saat akan mengakhiri sesi bersepeda, luangkan 5 menit untuk bersepeda dengan kecepatan lambat untuk menenangkan diri.

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top