Stres Timbulkan Berbagai Penyakit, Kenali Gejala dan Cara Menjegahnya

Stres adalah hal yang sangat wajar dialami oleh seseorang apabila berada di kondisi yang tidak nyaman dan mengharuskan kita untuk melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar dalam jangka waktu tertentu. Sehingga dengan demikian, seseorang diharapkan untuk tidak terlalu merasa tertekan, dan dan menjalani proses masalah yang dihadapi dengan tenang.

Meski demikian, stres bukanlah merupakan hal yang sehat apabila dialami dalam waktu yang panjang, karena hal tersebut akan membuat kita mudah terserang berbagai penyakit yang mampu mengganggu kesehatan kita dalam menjalani aktivitas keseharian, seperti Tekanan darah tinggi, diabetes, asma, hingga disfungsi seksual.

Gejala Stres

  1. Gelisah, muka pucat, jantung berdebar-debar
  2. Sulit tidur atau tidur tidak nyenyak
  3. Nafsu makan berkurang atau makan berlebih
  4. Mudah tersinggung
  5. Sulit konsentrasi
  6. Ada keluhan seperti sakit kepala, sakit perut, sakit maag, keringat berlebih

Walaupun kita terbiasa terhadap tingkat stres yang tinggi, bukan berarti kita bisa menghadapi stres tersebut. Setiap orang memiliki batas kritis dalam menghadapi suatu stres. Batas kritis tiap orang berbeda dari waktu ke waktu, tergantung pada keadaan sehat kita, keluarga, kehidupan, tuntutan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Cegah Stress

Stres yang menumpuk dapat menimbulkan gangguan kesehatan fisik maupun jiwa. Adapun beberapa cara agar dapat terhindar dari stres sebagai berikut:

  1. Meminta bantuan.

Kita tidak harus menghadapi segala sesuatu sendiri. Berbicara dengan orang yang kita percaya dan mencari pendengar yang baik. Kita dapat mendiskusikan apa masalah yang membuat stres atau mendapatkan manfaat dari percakapan yang baik.

  1. Makanan menu sehat dan gizi seimbang.

Tubuh membutuhkan gizi (energi) yang baik untuk mengatasi stres.

  1. Bernafas dengan pelan dan panjang.

Tindakan sederhana ini dapat menurunkan tingkat kecemasan Anda.

Atasi Stres

Melihat kondisi tersebut, maka penting bagi kita untuk mulai melakukan suatu hal yang positif untuk mengelola stres yang kita alami, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Mulai membiasakan untuk menjernihkan pikiran dengan tidur berkualitas dengan waktu yang cukup, yaitu 8 jam.
  2. Membiasakan diri untuk tidur malam di waktu yang sama dan jauhi penggunaan perangkat elektronik yang bisa mengganggu kita dalam menenangkan pikiran.
  3. Tidur dengan nyenyak agar bangun pagi dalam kondisi yang segar.

Dengan menerapkan berbagai cara mengelola stres yang baik seperti yang telah disebutkan diatas, diharapkan mampu meminimalisir tingkat stres yang dialami, sehingga kesehatan dapat tetap terjaga selama menjalankan aktifitas harian.

Sumber: UPK Kemkes RI

#DinkesKalbar #KelolaStres #CegahStres #KalbarSehat

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top