“STBM “ Solusi terwujudnya perilaku masyarakat yang higienis dan saniter secara mandiri

Ket : Peserta Diklat Revolusi Mental Berfoto bersama Gubernur, dan WidyaIswara BPSDM Prov Kalbar saat Pembukaan Diklat.

Pontianak, Dinkes  Prov. Kalbar

Kegiatan STBM atau Orientasi Sanitasi Total Berbasis Masyarakat merupakan intervensi terpadu melalui pendekatan sanitasi total berbasis masyarakat yang menekankan pada 5 (lima) pilar perubahan perilaku higienis ( 100% stop BABS 100% Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolaan air minum dan makan di RT, Pengamanan Sampah dan Limbah Cair RT).

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat telah melakukan upaya strategis dengan memacu kabupaten/kota yang capaian STMB nya masih rendah yaitu kabupaten  Mempawah dan Sanggau untuk melaksanakan  Orientasi  STMB pada tahun 2018.

Bulan September, tanggal 25 – 27 tahun 2018, di laksanakan pertemuan Orientasi STBM bertempat di Hotel Emerald jalan Jend.Sudirman Sanggau. Kegiatan ini  dihadiri oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Sanggau dan jajarannya, Tim Pengerak PKK, TNI KODIM 1204 Sanggau serta mengundang petugas sanitarian seluruh puskesmas. 

Kepala Bidang Kesmas Dinkes Prov. Kalbar, Yulsius Jualang, S.Kep. MM  menyampaikan  bahwa penyelenggaraan Pertemuan Orientasi STBM di kabupaten Sanggau adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman petugas Kesling/Sanitarian Puskesmas TP PKK, TNI terhadap  langkah-langkah dalam mendorong perubahan 5 (lima) perilaku higienis agar dapat pengembangan inovasi pemicuan pada  masyarakat yang  sadar akan kebutuhan sarana sanitasi, melakukan monitoring dan evaluasi STBM di desa kelurahan dalam  pembinaan lomba bersih sehat dan  terbentuknya TIM Pemicu STBM tingkat kecamatan di kabupaten Sanggau.

Selanjutnya Kabid Kesmas mengharapkan selama 3 (tiga) hari kegiatan pertemuan yang berlangsung, petugas  benar-benar dapat memperkuat pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan pendekatan STBM agar mempermudah upaya peningkatan akses sanitasi masyarakat yang lebih baik serta mengubah dan mempertahankan keberlanjutan budaya hidup bersih dan sehat. (Tim Infokes Dinkes Kalbar)

Sumber : Seksi  Kesling dan Kesjaor, Bidang Kesmas Dinkes Prov Kalbar

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top