Status Kesehatan Haji Wajib di Tingkatan

Pontianak, Dinkes Prov Kalbar

Peningkatan Status kebugraran Kesehatan Haji agar menjadi perhatian penting bagi calon cemaah haji yang bertujuan agar pelaksanan Haji di Tanah suci berjalan dengan lancar, hal ini di sampaikan Plt, Kadinkes Provinsi Kalbar drg.H.Hary Agung Tjahyadi, M.Kes , saat kegiatan Pertemuan Rapat Koordinasi lintas sektor kebugaran  jemaah haji   tanggal 14 februari 2019 di Aula Dinkes  Provinsi Kalbar.

Berdasarkan data kesehatan haji Kalbar tahun 2018, dari  2527 jemaaah Haji, yang dilakukan test kebugaran jasmani Jemaah haji diperoleh hasil sbb :

  1. Status kesehatan baik sekali              = 2,9 %,      
  2. Status kesehatan baik                   = 17,28 %,  
  3. Status kesehatan cukup                = 46,76 %,
  4. Status kesehatan kurang                = 20,90%
  5. Status kesehtan kurang sekali           = 5,33%

Hal ini cukup memprihatinkan, karena masih ada 25 % Jemaah Haji yang status kesehatannya  kurang , sehingga perlu pengawasan yang intensif dari tim kesehatan haji selama melaksanakan ibadah haji .

Di tambahkan juga oleh drg.Hary Agung, untuk tercapainya  target yang ingin  di capai perlu dilakukan kegiatan yang terpadu dan berkesimabungan dengan lintas sektor dan lintas program . Selain itu perlu koordinasi Internal, dan Ekternal dalam pelaksanaan pengukuran Kebugaran Jaasmani  secara terpadu.

Dalam kesempatan yang sama Kepala BIdang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Kalbar, Yulsius Jualang, S.Kep, M.Si menyampaikan  bahwa Kegiatan  ini dilaksanakan dengan pola penyampaian materi dan diskusi serta akan dicapai kesepakatan Lintas Program /  Lintas Sektor yang berkenaan dengan kebugaran jasmani jemaah haji.   

Peserta yang hadir adalah merupakan perwakilan dari lintas sektor terkait seperti Kemenag Kota Pontianak dan Provinsi, Biro Kesra, UKKOM , KBIH   dan lintas program dari dinkes Provinsi Kalbar dengan total 30 peserta, dan di harapkan tahun 2019 ini status kebugaran jamaah haji di Kalbar terus meningkat, kata Kabid Kesmas. (sur)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top