Simak Jenis dan Ketentuan Vaksin Booster yang Disetujui Oleh Badan POM

Kemarin (12/01/22), pemerintah secara resmi melancarkan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau disebut juga vaksin booster kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Terkait hal itu, sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin, 10 Januari 2022 juga telah memberikan persetujuan pada vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster lanjutan homolog (vaksin booster sama dengan vaksin primer) dan/atau heterolog (vaksin booster berbeda dengan vaksin primer).

Berikut jenis vaksin yang telah diberikan persetujuan oleh Badan POM per 10 Januari 2022 yang dikutip dari covid19.go.id

Jenis vaksin tersebut di antaranya adalah CoronaVac/Vaksin Covid-19 Biofarma, Comirnaty Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

  1. CoronaVac/Vaksin Covid-19 Biofarma (Booster homolog)

Satu dosis minimal setelah enam bulan, dari vaksinasi primer dosis lengkap untuk usia 18 tahun ke atas.

  1. Comirnaty Pfizer (Booster homolog)

Satu dosis minimal setelah enam bulan, dari vaksinasi primer dosis lengkap untuk usia 18 tahun ke atas.

  1. AstraZeneca (Booster homolog)

Satu dosis minimal setelah enam bulan, dari vaksinasi primer dosis lengkap untuk usia 18 tahun ke atas.

  1. Moderna (Booster homolog dan heterolog)

Setengah dosis (halp dose) enam bulan, dari vaksinasi primer (Moderna, Comirnaty Pfizer, AstraZeneca atau Janssen) untuk usia 18 tahun ke atas.

  1. Zifivax (Booster heterolog)

Satu Dosis minimal setelah enam bulan, dari vaksinasi primer (CoronaVac/Vaksin Covid-19 Biofarma,Sinopharm) untuk usia 18 tahun ke atas.

Perlu diketahui, sejak November 2021 Badan POM secara bertahap telah melakukan pengkajian keamanan, khasiat dan mutu terhadap beberapa vaksin Covid-19.

Pengkajian keamanan vaksin tersebut yang telah memperoleh persetujuan penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) sebagai vaksin primer, untuk dievaluasi sebagai vaksin dosis booster/lanjutan berdasarkan data hasil uji klinik terbaru.

Sumber: Covid.go.id, BPOM RI

#dinkeskalbar #vaksin #vaksinbooster #vaksindosisketiga

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top