Serah Terima Pelepasan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan III Tahun 2017 Dan Pembekalan Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan III Tahun 2018

Dinas Kesehatan <br> Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kesehatan
Provinsi Kalimantan Barat

Program Internsip Dokter Indonesia

Ket : Footo Bersama Dengan PIDI Pusat,KIDI PUSAT, DINKES KALBAR/KIDI PROV beserta dokter pendamping juga dokter internsip.

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Serah terima 57 orang dokter internsip yang akan bertugas  dan 47 orang dokter internsip yang telah selesai melaksanakan Program Internsip di Kalimantan Barat, di Mercure Hotel , 3-4 Oktober 2018.

Kegiatan yang  dihadiri oleh PIDI Pusat ibu Dra .Oos Fatimah Rosyati, M.Kes, dari KIDI Pusat dr. Hermin, Sp.A, serta  dokter pendamping RS/PKM Kota Pontianak, Kab.Kubu Raya, Kab.Kapuas Hulu, Kab,Sintang,  Manaj. Rumkit Kartika Husada Kubu Raya, anggota KIDI Prov. Kalbar dan Sekretariat PIDI Kalbar ini  diagendakan ada dua kegiatan yaitu pelepasan dokter internship angkatan 3 tahun 2017 dan serah terima dokter insternship angkatan 3 tahun 2018  oleh KIDI pusat kepada KIDI provinsi yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar ,dr Andy Jap, M.Kes .  

Dalam sambutannya , Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan bahwa “Atas nama pemerintah daerah Provinsi Kalbar memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada dokter internsip yang telah menyelesaikan Program Dokter Internsip di Kalbar  dalam jangka waktu 1 tahun, untuk  selanjutnya  di kembalikan kepusat yang kemudian akan diserahkan kembali  ke Fakultas Kedokteran  masing- masing.

Dalam sambutannya ,   dr. andy Jap M. Kes menyampaikan terima kasih kepada 57 dokter internsip  yang telah memilih  Provinsi Kalimantan Barat sebagai wahana Program Internsip angkatan 3 tahun 2018 dengan harapan  semoga dalam jangka waktu 1 (satu ) tahun kedepan dokter internsip benar-benar memantapkan dan mematangkan  kemampuan sebagai dokter sehingga untuk selanjutnya dapat   melaksanakan Profesi dokternya  dengan baik dan benar.

Dr. Andy Jap, M.Kes menambahkan ke   57 orang dokter Internsip tersebut merupakan lulusan dari berbagai FK, UI, UGM, USU, UNSRI, UPN, UNLAM, UNTAN, UDAYANA, ATMAJAYA, MARANATHA, UNISBA, UKI, UMJ, METHODIST, UII, UMM, UIN, UNISULA, Siap bertugas di 5 Wahana RSUD  Kabupaten /Kota Provinsi Kalimantan Barat  yaitu : 13 orang di RSUD. Dr. Achmad Diponegoro Kapuas Hulu, 15 orang  di RSUD. Sultan Syarif Muh. Alkadrie Kota Pontianak, 7 orang bertugas di RS Anton Sujarwo Polda Bhayakangkara Pontianak, 15 Orang  di Rumkit Kartika Husada Kab. Kubu Raya dan 7 orang bertugas di RSUD. Ade M. Djoen Sintang.

Sementara itu, dalam  arahannya dra. Oos Fatimah Rosyati, M.Kes  selaku wakil dari PIDI Pusat menyampaikan bahwa Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI ) merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia Khususnya di bidang Kesehatan. Internsip adalah Proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan secara terintegrasi, komprehensif, mandiri, serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelenggaraan antara hasil Pendidikan dengan Praktik dilapangan.

Pada acara serah terima akan dilanjutkan dengan pembekalan kepada dokter Intersip angkatan 3 tahun 2018  selama 2 hari efektif . Wakil PIDI pusat menambahkan bahwa dokter internsip ini akan  bertugas selama 1 tahun (Oktober 2018 sampai dengan Oktober 2019 ) di Kalimantan Barat dengan waktu pembagian  delapan bulan di Rumah sakit  wahana dan empat bulan di puskesmas wahana sesuai dengan SK Penugasan yang dikeluarkan oleh Kepala Badan PPSDMK Kemenkes RI Jakarta. ( Tim Infokes Dinkes Prov. Kalbar )

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018