RSUD Semitau siap menjadi rujukan daerah pedalaman Kapuas Hulu

Dinas Kesehatan <br> Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kesehatan
Provinsi Kalimantan Barat

Tim Assesment RS Dinkes Prov Kalbar dan PERSI saat melakukan kunjungan di RSUD Semitau

Ket Gambar : Kadinkes Prov Kalbar bersama Peserta Pertemuan Penerapan ASPAK pada Penyusunan SPA FASYANKES Se-Kalimantan  Barat

Dinkes Prov. Kalbar

RSUD  Semitau yang berada di kecamatan Semitau Kabupaten Kapuas Hulu, yang berbatasan dengan kabupaten Sintang ini akan segera beroperasi dan  sudah dilengkapi dengan SDM , sarana , prasaran dan peralatan medis rumah sakit kelas D, demikian di katakan  Kabid Yankes  Dinkes Prov  Kalbar  Hyasinta Nita, SKM, MM seusai melakukan vIsitasi kesiapan RSUD  Semitau ini beberapa waktu lalu.   

Disampaikan juga bahwa  fasilitas di Rumah sakit tersebut sudah memenuhi syarat  sesuai dengan PMK no. 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi  dan Perizinan Rumah Sakit , sehingga sudah dianggap layak untuk diberikan izin operasional.

Menurut  Ibu Hyashinta  , RSUD Semitau ini  sangat penting dan sangat  dibutuhkan  oleh masyarakat pedalaman dan perbatasan  di kedua kabupaten yaitu   Kapuas Hulu dan Sintang , mengingat jarak tempuh yang cukup jauh , baik ke RS  di Putusibau   maupun RS di  kabupaten  Sintang.

Rumah sakit yang di bangun dengan sumber dana  DAK Prioritas Daerah yang tentunya diharakan  menjadi rumah sakit rujukan di 5 (lima) wilayah  kecamatan  yaitu  kecamatan seberang, Semitau, Nanga Suhaid , Jongkong dan selimbu   serta wilayah disekitarnya , sehingga tidak ada alasan masyarakat tidak tertangani layanan kesehatan . Percepatan kelengkapan sarana , prasarana maupun alat  , akan kami dorong untuk dilengkapi sesuai peraturan perumah sakitan yang ada di Indonesia  , kata Hyasinta.

Visitasi yang dilakukan dalam upaya percepatan persiapan layanan RS UD Semitau ini juga mengikut sertakan  Asosiasi Rumah Sakit yaitu PERSI (Persatuan Rumah Sakit Indonesia) untuk bersama-sama melakukan kunjungan lapangan dan telusur dokumen  yang ada sebagai  syarat oprasional dari sebuah Rumah Sakit Umum Daerah , lanjut Hyasinta.

“ Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar siap memberikan pendampingan sehingga layanan RSUD Semitau ini benar dapat di fungsikan sesuai  dengan peruntukannya  . ” kata Haysinta menerangkan. (sur)

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on print
Share on whatsapp