Date & Time |
Menu

Regional Maintenance Center ( RMC ) Sebagai Sistem Rujukan Sarana Dan Prasarana Alat Kesehatan ( SPA ) Di Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Keterangan Gambar : Acara pembukaan kegiatan RMC

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, drg, Hary Agung Tjahyadi, M.Kes mengatakan “Bahwa pengelolaan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit, Puskesmas dan fasilitas pelayanan lainnya mencakup aspek pengelolaan dan teknis, dan ini dimulai dari proses perencanaan, pengadaan, instalasi, pengujian dan penerimaan, yang akan mempermudah aspek teknis yang merupakan bagian pemeliharaan, pengoperasian, pelatihan penghapusan”, jelasnya saat memberikan sambutan dan arahan pada acara pembukaan pertemuan Koordinasi Teknis Regional Maintenance Center (MRC) sebagai system rujukan Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan (SPA), di Hotel Orchardz, Pontianak,  tanggal 19 maret 2019.

Melalui kegiatan ini, agar dapat perbaikan guna mendukung Pelayanan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas yang berada di Kalimantan Barat, salah satu upaya tersebut adalah perlu dibuat suatu Regional Maintenance Center (RMC) sebagai system rujukan Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan di Fasyankes, khususnya pada semua wilayah Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

Dalam pertemuan ini, akan dilakukan kajian, koordinasi atau kesepakatan bersama antara pemerintah pusat (Kemenkes RI) dengan Dinas Kesehatan terkait untuk mencari solusi terhadap Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang belum memiliki kemampuan dalam pengelolaan ataupun pemeliharaan fasilitas kesehatan, yaitu pada Puskesmas.

Keterangan Gambar : Narasumber Kemenkes RI memberikan materi kepada peserta pertemuan.

Disepakati dari pertemuan ini bahwa akan dilakukan kajian tentang Teknis Regional Maintenance System (RMC) di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota baik itu di Fasilitas Pelayanan Primer, Fasilitas Pelayanan Tindaklanjut dan adanya dukungan komitmen pembiayaan dan pemenuhan input dalam rangka penyelenggaraan Regional Maintenance System di tingkat pelayanan yang ada di Provinsi dan Kabupaten/Kota  Provinsi Kalimantan Barat. (bdi) 

BERITA DI PUBLISH OLEH TIM WEBSITE
DINAS KESEHATAN PROVINSI KLAIMANTAN BARAT

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on email
Share on print

Recent Post

Back To Top