Rapat Koordinasi SBH Dinkes Prov Kalbar dengan Kabupaten Mempawah

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

SAKA Bhakti Husada (SBH)  Dinas Kesehatan Kabupaten Mempawah menggelar rapat koordinasi tingkat Kabupaten di Kota Mempawah AWAL BULAN Maret lalu, yang di buka oleh Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kalbar, Y Jualang SKep MSi.

Dalam Kesempatan tersebut, Kabid Kesmas, Jualang mengatakan, bahwa Saka Bhakti Husada memiliki peran penting dalam memperkuat pilar pertama dari program Indonesia Sehat, yaitu paradigma sehat. “Kita harus memiliki mind set sehat, yang mengubah pola pikir kita selama ini. Kita mau tetap sehat, tidak mau sakit. Sehat itu berawal dari saya,” ujar Jualang.

Ditambahkan oleh Kabid Kesmas pula, Saka Bhakti Husada dapat menjadi kader kesehatan di masyarakat. “Bicara paradigma sehat, ada upaya preventif dan promotif yang dapat melibatkan semua orang khususnya Kader Saka Bhakti Husada. Semua dapat ikut berpartisipasi dalam bidang  kesehatan, yang penting mampu berbicara  berkomunikasi dengan baik dan memiliki sedikit ilmu kesehatan mereka sudah bisa menjadi kader dalam menggerakkan promotif dan preventif, dan hal tersebut merupakan salah satu peran tenaga pramuka,” ungkap Jualang.

Jualang  berharap ke depan, Saka Bhakti Husada makin diperkuat dengan pola pengembangan program bidang kesehatan, sehingga derajat kesehatan masyarakat  terus meningkat seiring berkembangnya program SBH ini di Masyarakat.

Kegiatan rakor Saka Bhakti Husada  dilaksanakan di seluruh kabupaten /kota  yang  ditujukan untuk mengaktifkan kembali saka dari level provinsi, kabupaten/kota, hingga puskesmas. Sehingga dengan koordinasi ini, harapan  kita, saka ini aktif kembali, hingga ke level terbawah, pada anak didik (SD-SMP). Sehingga apa yang menjadi ancaman kesehatan bisa dicegah secara dini,” Ungkap Jualang. (sur).

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top