Rapat Koordinasi dan Pembekalan Materi Percepatan Vaksinasi COVID-19 di Provinsi Kalimantan Barat

Dihadiri oleh Kepala Biro Setda Provinsi, Kepala OPD Provinsi, Kepala Bappeda Kab/Kota, dan seluruh Tim Percepatan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat, Kadinkes Kalimantan Barat dr. H. Harrison, M.Kes membuka sekaligus memimpin rapat koordinasi Pembekalan Materi Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kalimantan Barat untuk mengevaluasi dan menemukan hambatan dalam pelaksanaan program vaksinasi, di Ruang Praja Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Jum’at, (24/09/2021).

Rapat koordinasi kali ini salah satunya khusus membahas mengenai cakupan Vaksin di Kalimantan Barat. Sampai pada 23 September 2021, cakupan vaksin di Provinsi Kalimantan Barat untuk masyarakat mencapai 23,32% untuk dosis 1, 14,15% untuk dosis 2 dan 71,39% untuk dosis 3/booster yang diperuntukkan hanya kepada Tenaga Kesehatan.

Jajaran pimpinan dengan tegas menghimbau untuk satgas Covid-19 Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat untuk lebih cepat dalam melakukan pemberian Vaksin kepada masyarakat, bersamaan dengan pelaporan penggunaan vaksin, agar ketersediaan logistik vaksin yang sampai saat ini masih 215.749 dosis dapat segera habis dan diberikan bantuan dosis berikutnya oleh pemerintah pusat.

Dalam paparannya, Harrison menyampaikan bahwa pelaksaan vaksinasi harus sesuai dengan pemetaannya supaya lebih terencana.

“Soal pemetaan bisa meminta ke Dinas Kesehatan Kab/Kota, jadi bisa benar-benar direncanakan. Misalnya vaksin A akan jatuh tempo pada tanggal sekian, berapa vaksin yang harus kita siapkan, dan pelaksanaannya dimana” ujarnya

Disamping itu, Harrison juga menyampaikan untuk SDM Kesehatan untuk masa pandemi ini menjadi berkurang, dengan solusi melibatkan TNI-POLRI

“Untuk SDM Kesehatan sudah terlalu banyak pekerjaannya dimasa pandemi ini, selain untuk melayani pasien di puskesmas, kegiatan preventif promotif diwilayah kerjanya, juga melakukan tracing, testing. Sekarang ditambah vaksinasi, Jadi SDM kesehatannya berkurang, maka dari itu kita melibatkan TNI-POLRI dalam hal penyediaan fasilitas dan lainnya seperti yang terjadi selama ini” jelasnya.

#kemenkes #dinkeskalbar #kesehatan #indonesiatumbuhindonesiatangguh #Kesehatanpulihekonomibangkit #kalimantanbarat #kalbar #kalbarsehat #kalbarjuara #banggajadiwargakalbar #dirumahaja #SayaSiapDivaksin #vaksinasi #vaksincovid19 #corona #covid19

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top