Posbindu Upaya Madiri Kesehatan Masyarakat

Dinas Kesehatan <br> Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kesehatan
Provinsi Kalimantan Barat

Posbindu upaya mandiri masyarakat

Pontianak, Maret 2018
Kegiatan Posbindu PTM merupakan kegiatan milik masyarakat yang dilaksanakan sepenuhnya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat. Sektor kesehatan khususnya Puskesmas lebih berperan dalam hal pembinaan Posbindu PTM dan menerima pelayanan rujukan dari Posbindu PTM di wilayah kerjanya karena pada prinsipnya kegiatan Posbindu PTM mencakup upaya promotif dan preventif, maka di dalam kegiatan Posbindu PTM tidak mencakup pelayanan pengobatan dan rehabilitasi. Posbindu PTM akan merujuk setiap kasus PTM yang ditemukan ke Puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Hal ini di jelaskan Kabid P2p dinkes provinsi kalbar saat mengahadiri pelaksanaan Launching Kampung Sehat di daerah Dharma Putra Siantan Hulir Pontianak Utara 18 Maret 2018. Dimana pada kesempatan tersebut diadakan beberapa kegiatan terkait program P2P baik kegiatan Penyakit Tidak Menular, Pencegahan penyakit serta imunisasi yang terpusat di satu tempat dan di isiator oleh masyarakat setempat.

Marselina selaku Kabid P2 menyatakan menyambut baik kegiatan dan memberikan aspirasi besar pada kegiatan tersebut sebagai sebagai wujud kemandirian warga dalam bidang kesehatan. Karena kegiatan murni di lakukan oleh masyarakat, dari masyarakat dan untuk masyarakat yng di dukung oleh pemerintah serta instansi terkait.demikian di katakan Marsel.

Berita ini di publikasikan oleh Tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018