Pertemuan Koordinasi Kerja Sama Program Afirmasi Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan (PADINAKES)

Kamis (9/9/2021). Dalam rangka meningkatkan retensi tenaga kesehatan di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK), serta Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK), Kemenkes bersama Dinkes Provinsi serta Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak, Inspektur Provinsi, BKD Provinsi, BKAD  Provinsi, Setda dan instansi yang sama di daerah Kabupaten se-Kalbar melaksanakan pertemuan koordinasi kerja sama Program Afirmasi Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan (PADINAKES).

Pertemuan yang dilaksanakan tersebut bertempatkan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi dan sebagian menggunakan ruang meeting online.

WhatsApp Image 2021-09-10 at 07.25.08

Pertemuan koordinasi ini guna membahas penyelenggaraan Program Afirmasi Pendidikan Tinggi Tenaga Kesehatan (PADINAKES) oleh Pusat Pendidikan SDM Kesehatan. Program ini bertujuan untuk percepatan pemenuhan akses dan kualitas pelayanan kesehatan dan mengatasi kekurangan jenis tenaga kesehatan tertentu dan ketidakmerataan distribusi tenaga kerja kesehatan di fasilitan kesehatan khususnya daerah DTPK dan DBK.

Penyelenggara program ini adalah Poltekkes Kemenkes yang kemudian merekrut mahasiswa untuk mengikut program PADINAKES tersebut dengan sasaran peserta merupakan lulusan SMA/sederajat atau mahasiswa tingkat akhir pada Poltekkes Kemenkes.

WhatsApp Image 2021-09-10 at 07.22.53

Salah satu tanggapan dari Kepala BKD, Drs. Ani Sofian, M. M. menyampaikan apresiasi yang bagus kepada program ini, karena menyangkut tentang peningkatan SDM guna pemenuhan kualitas pelayanan kesehatan

“Program ini sangat bagus dan kami mendukung, apalagi menyangkut tentang peningkatan SDM dibidang kesehatan dan program dari Kemenkes itu sendiri selaku pemegang kebijakan” ujarnya

Program tersebut merupakan Program Prioritas Nasional dengan memberikan beasiswa pendidikan bagi pesertanya. Pendayagunaan lulusan program PADINAKES ini nantinya akan dilakukan oleh Pemda untuk pemenuhan Nakes di daerah Kabupaten/Kota berupa PNS, P3K, dan Penugasan Khusus.

Sekretariat Dinkes Provinsi, Abussamah. S.STP. M.AP juga menyampaikan dukungan terkait program yang dijalankan

“Semoga program PADINAKES ini dapat berjalan dengan lancar sesuai rancangan, mulai dari tahap penyeleksian, pendidikan, sampai pendayagunaan guna pemenuhan kualitas pelayanan kesehatan” Ujarnya.

#kemenkes #dinkeskalbar #kalbarsehat

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top