Peringatan Hari Penglihatan Sedunia 2021: Tema 14 Oktober dan Tips Menjaga Kesehatan Mata

Setiap hari Kamis pekan kedua Oktober diperingati sebagai Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day, dan tahun ini jatuh pada hari ini 14 Oktober 2021. Peringatan ini bertujuan untuk memusatkan perhatian global pada gangguan penglihatan, termasuk kebutaan.

Peringatan hari tersebut merupakan perayaan yang diperingati oleh seluruh warga dunia dan telah resmi ditetapkan oleh PBB. Sehingga dengan penetapan yang telah dilakukan oleh PBB maka Hari Peringatan Sedunia atau World Sight Day 2021 kali ini juga telah memiliki tema tersendiri yang akan digunakan sebagai perayaan.

Di tahun ini, Hari Penglihatan Sedunia mengusung tema “Love Your Eyes” atau “Cintai Matamu”. Dengan tema yang diangkat tersebut, PBB menyampaikan bahwa pada Hari Penglihatan Sedunia ini haruslah menjadi momentum pengingat bagi setiap masyarakat dunia karena mata adalah salah satu aset utama dan berharga yang dimiliki oleh manusia.
Sehingga untuk itu masyarakat dunia diharapkan dapat merawat dengan baik mata yang dimilikinya. Serta mengetahui pencegahan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata setiap harinya.

Tips Menjaga Kesehatan Mata
Anda bisa melakukan beberapa cara untuk melakukan perawatan mata anda. lakukan hal-hal berikut ini, seperti yang dilansir webMD

Sumber: stylecraze.com

1. Makan makanan bergizi
Kesehatan mata dimulai dengan makanan yang bernutrisi seperti asam lemak Omega 3, Lutein, Zinc, dan Vitamin seperti Vitamin C dan E. Makanan yang bernutrisi baik dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia seperti Degenerasi Makula (gangguan penglihatan pada orang tua) dan Katarak. Perbanyak makan makanan sayuran hijau, ikan, telur, kacang-kacangan, jeruk, dan lain-lain.

2. Berhenti merokok
Merokok dapat membuat anda terkena katarak, kerusakan saraf optik, degenerasi makula, dan masalah kesehatan mata lainnya. Cobalah untuk memulai berhenti merokok dan konsultasikan ke Dokter anda.

3. Pakai kacamata hitam
Saat berada di bawah sinar matahari Kacamata hitam akan membantu melindungi mata anda dari sinar ultraviolet (UV). Terlalu banyak paparan sinar UV meningkatkan kemungkinan terkena Katarak dan Degenerasi Makula.

4. Gunakan kacamata pelindung
Jika anda menemukan partikel berbahaya yang bisa terbawa udara di tempat anda bekerja atau di rumah, kenakanlah kacamata pengaman atau kacamata pelindung untuk melindungi mata anda. Selain itu Bisa juga ketika memakai helm dengan menggunakan masker pelindung wajah atau kacamata safety yang juga dapat melindungi mata Anda.

5. Jaga jarak mata anda dengan layar komputer atau ponsel
Menatap layar terlalu lama dan terlalu dekat dapat menyebabkan beberapa masalah seperti mata tegang, penglihatan kabur, kesulitan fokus, mata kering, sakit kepala, dan lain-lain. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberi jarak yang optimal antara mata anda dengan layar atau menggunakan kacamata khusus yang bisa digunakan di depan layar.

6. Kunjungi dokter mata secara teratur
Setiap orang membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur. Ini membantu melindungi penglihatan anda dan memungkinkan anda mendapat penglihatan yang baik. Pemeriksaan mata juga dapat menemukan penyakit mata lebih awal sehingga lebih mudah diobati.

Sumber : Webmd.com

#dinkeskalbar #WorldSightDay2021 #HariPenglihatanSedunia2021 #LoveYourEyes #CintaiMatamu #EyeCareEverywhere

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top