Pentingnya Vaksinasi Bagi Ibu Hamil Dan Anak Usia 12-17 Tahun

Perkembangan kasus covid-19 menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kasus ibu hamil terkonfirmasi covid-19 di sejumlah kota besar di indonesia dalam keadaan berat (severe case). Wanita hamil memiliki peningkatan risiko menjadi berat apabila terinfeksi covid-19, khususnya pada wanita hamil dengan kondisi medis tertentu. Dengan mempertimbangkan semakin tingginya jumlah ibu hamil yang terinfeksi covid-19 dan tingginya risiko bagi ibu hamil apabila terinfeksi covid-19 menjadi berat dan berdampak pada kehamilan dan bayinya, maka diperlukan upaya untuk memberikan vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil. Upaya pemberian vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil tersebut juga telah direkomendasikan oleh komite penasihat ahli imunisasi nasional (ITAGI).

Selain sasaran ibu hamil, dalam rangka upaya pencegahan penyebaran covid-19 pemerintah juga menetapkan sasaran anak usia 12-17 tahun sebagai sasaran penerima vaksinasi covid-19 berdasarkan rekomendasi ITAGI. Untuk itu guna efektivitas pelaksanaan vaksinasi covid-19 baik bagi sasaran ibu hamil, anak usia 12­-17 tahun, maupun sasaran lainnya diperlukan penjelasan terhadap pelaksanaan skrining/penapisan terhadap status kesehatan sasaran sebelum dilakukan pemberian vaksinasi, sebagai salah satu prinsip dalam pelaksanaan pelayanan vaksinasi covid-19.

Berdasarkan surat edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK. 02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 meminta kerjasama dan dukungan dari pemerintah darah serta pemangku kebijakan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 termasuk pelaksanaan skrinning/penapisan, baik bagi sasaran ibu hamil, anak usia 12-17 tahun, maupun sasaran lain.

Adapun ada beberapa hal yang harus diketahui oleh fasilitas pelayanan kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi ibu hamil dan anak usia 12-17 tahun sesuai dengan surat edaran di atas antara lain:

  1. Pemberian vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil dengan prioritas pada daerah risiko tinggi. Vaksin yang dapat digunakan untuk ibu hamil ini adalah vaksin covid-19 platform mRNA Pfizer dan Moderna, dan vaksin platform inactivated Sinovac, sesuai ketersediaan. Pemberian dosis ke1 vaksinasi covid-19 tersebut dimulai pada trimester kedua kehamilan, dan untuk pemberian dosis ke-2 dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.
  2. Vaksinasi covid-19 bagi ibu hamil dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis dan ketentuan peraturan perundang-undangan dan dengan menggunakan format skrining pada kartu kendali untuk ibu hamil
  3. Vaksinasi covid-19 bagi anak usia 12-17 tahun dengan menggunakan vaksin Sinovac dan pelaksanaan vaksinasinya dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan dan atau di pos pelayanan vaksinasi covid-19. Pos pelayanan vaksinasi covid-19 dapat didirikan di sekolah/madrasah/pesantren. Pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi anak usia 12-17 tahun menggunakan format skrining pada kartu kendali bagi anak
  4. Pelaksanaan vaksinasi ibu hamil dan anak usia 12-17 tahun menggunakan format skrining pada kartu kendali yang semuanya sudah ditentukan oleh Kemenetrian Kesehatan.
Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top