“ Pentingnya Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan Untuk Memenuhi Standart Pelayanan di Fasyankes “

Ket Gambar : Pertemuan Penyusunan Rencana Kebutuhan SDM Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat telah menggelar Pertemuan  Penyusunan Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan Selama 3 (tiga ) hari yaitu tanggal  24  s/d  26 Oktober 2018 di Hotel Orchard Perdana Pontianak.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh  Pengelola Perencanaan Kebutuhan SDMK Dinas Kesehatan Kab/Kota Se Kalimantan Barat, RSUD & RS Vertikal Se Kalbar, UPT Dinkes Kalbar, BKD Prov.Kalbar dan Subbag Umum Aparatur Dinkes Prov Kalbar membahas secara detail Perencanaan  Kebutuhan SDMK di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes ) baik Puskesmas atau Rumah  Sakit Umum Daerah / RS Vertikal  diseluruh Kab/Kota  Provinsi Kalimantan  Barat.  

Seperti yang sering didiskusikan/diperbincangkan dalam Forum  – Forum Pertemuan  Bidang Kesehatan terkait upaya Penguatan Pelayanan Kesehatan dimana issue Pengelolaan SDM Kesehatan yang belum optimal khususnya ketersediaan, penyebaran dan kualitas SDM Kesehatan di Fasyankes menjadi salah satu kendala / permasalahan yang  mempengaruhi kualitas  pelayanan kesehatan.

SDM Kesehatan menjadi salah satu sumber daya di bidang kesehatan yang sangat strategis, kurangnya tenaga kesehatan baik jumlah, jenis dan distribusinya menimbulkan dampak terhadap rendahnya akses masyarakat  terhadap  pelayanan  kesehatan  berkualitas, dengan  demikian tantangan SDM  Kesehatan saat ini dan masa yang akan datang adalah Pesebaran Penempatan, Peningkatan Kualitas SDM, untuk itu diperlukan Perencanaan dalam Penyusunan SDM Kesehatan dalam upaya penetapan jenis, jumlah, kualifikasi dan distribisi tenaga kesehatan sesuai dengan kebutuhan pembangunan  kesehatan. Demikian arahan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Prov. Kalbar Petrus Budi Raharjo APP, M.Kes pada acara pembukaan “Pertemuan  Penyusunan Perencanaan  Kebutuhan SDM Kesehatan Prov.Kalimantan Barat.

Selanjutnya  Kabid SDK  mengharapkan selama 3 (tiga) hari kegiatan pertemuan berlangsung dapat menghasilkan tersedianya dokumen/data dan Informasi Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan  Provinsi Kalimantan Barat pada Dinas Kesehatan Kab/Kota, RSUD, RS Vertikal yang ada di Provinsi Kalbar dan UPT Lingkup Dinkes Kalbar yang sesuai dengan kebutuhan  Fasyankes/Fasilitas Pelayanan Kesehatan . (Tim Infokes Dinkes Kalbar)

Sumber : Seksi  Sumber Daya  Manusia  Kesehatan  dan Litbang  Dinas Kesehatan  Dinkes Prov Kalbar

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top