PENANGANAN PASIEN KONFIRMASI COVID 19 DI LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (LPMP) PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Aktivitas pasien konfirmasi Covid 19 di pagi hari

Saat ini Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sudah optimal dalam penanganan terhadap pasien-pasien yang terkonfirmasi covid 19. Berdasarkan kebijakan pemerintah bahwa penanganan pasien positif covid 19 yang tidak bergejala akan dihimbau untuk melakukan isolasi mandiri di rumah atau RS darurat atau tempat yang telah ditetapkan untuk  isolasi mandiri. LPMP Provinsi Kalimantan Barat sebagai salah satu area perkantoran yang dialihfungsikan sebagai tempat karantia/isolasi mandiri sekarang sudah menerima pasien-pasien yang hasil swab PCR covid 19 positif. Hal ini sebagai bentuk upaya untuk menekan jumlah pasien yang dirawat dan mengurangi beban pelayanan di RS Rujukan Covid. Di LPMP terdapat tenaga medis (dokter) sebanyak 2 orang dan perawat sebanyak 5 orang serta dibantu oleh tenaga penunjang/pendukung lainnya.

 

Tenaga kesehatan melakukan tindakan

Adapun pelayanan yang diberikan kepada pasien antara lain ; melakukan pengecekan darah dan nadi, membagikan obat setelah dipastikan terkonfirmasi, membimbing pasien untuk berkativitas di pagi hari seperti berjemur dan olahraga.

Petugas kesehatan dokter maupun perawat yang melakukan pelayanan kepada pasien tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap sesuai protokol yang ditetapkan agar terhindar dari paparan. Semua kebutuhan APD dan obat-obat disediakan oleh Dinas Kesehatan Provins Kalimantan Barat. Semua pelayanan yang diberikan terdokumentasi dan dilaporkan setiap harinya kepada pimpinan. Adapun jumlah pasien terkonfirmasi yang dirawat di LPMP per 20 Juli 2021 sebanyak 104 orang.

Tenaga kesehatan melakukan tindakan

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top