Pelaksanaan Vaksinasi Massal di Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat

Dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID- 19, Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi dan pihak lain yang terkait dapat membuka pos pelayanan vaksinasi massal, Pos pelayanan vaksinasi massal dapat berupa pos layanan yang memanfaatkan area/tempat di luar fasilitas pelayanan kesehatan, Pelaksanaan pelayanan vaksinasi di pos pelayanan vaksinasi harus menerapkan protokol kesehatan dan memenuhi standar pelayanan vaksinasi COVID-19.

Pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal bagi warga masyarakat kota Pontianak yang sedang berlangsung di gedung Aula Khatulistiwa I Dinkes Prov Kalbar merupakan kerjasama antara pihak Bank BNI dan Dinkes Prov Kalbar beserta jajarannya dalam mensukseskan tercapainya cakupan vaksinasi di Kalimantan Barat, terutama bagi masyarakat di daerah dengan resiko penularan tinggi dan kota Pontianak berada pada zona merah selama beberapa minggu terakhir dan masih menerapkan PPKM bagi masyarakat di kota Pontianak. Vaksinasi massal di Dinkes Prov Kalbar dilakukan dengan registrasi secara individual dengan membawa KTP maupun Kartu Keluarga bagi masyarakat yang akan mendaftar untuk vaksinasi dan petugas akan memasukan registrasi peserta vaksin dengan Aplikasi PCare Vaksinasi. Pengecekan suhu tubuh dan pemeriksaan tensimeter juga menjadi syarat bagi peserta vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr. Harisson M.Kes mengatakan pelaksanaan vaksinasi massal merupakan salah satu cara untuk memutus mata rantai wabah pandemi Covid-19 dan pelaksanaan kegiatan vaksinasi massal harus dengan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir dengan menggunakan sabun yang telah disediakan di Dinkes Prov Kalbar, tidak berkerumun tetap tertib dengan menjaga jarak bagi peserta vaksinasi massal. Mematuhi peraturan yang telah ditetapkan berpakaian sopan, tidak memakai sandal karena pelaksanaan vaksinasi di aula perkantoran.

Bagikan Berita:
Share on email
Back To Top