Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Oleh Tim Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Kepada Masyarakat

Pelaksanan lanjutan vaksinasi merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terpapar suatu  penyakit. Sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi dan merupakan pandemi. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, dengan memberikan vaksinasi.

Tim Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat secara bertahap, untuk tahap kedua ini vaksinasi dilakukan untuk Dinas Sosial 100 orang, PPSDM, Pariwisata, Perpustakaan, SDM. Kegiatan vaksinasi dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 17 April 2021 di Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Jl. D. A Hadi No. 07 Pontianak.

Vaksinasi dilakukan pemerintah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19, vaksinasi Covid-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Dengan begitu, risiko untuk terinfeksi virus jauh lebih kecil, dan jika seseorang yang sudah divaksin tertular COVID-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang lebih berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun. Di masa pandemic COVID-19 ini kita tetap harus menjalankan protocol kesehatan, memakai masker apabila keluar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menjaga jarak, dan minum vitamin C sesuai kebutuhan tubuh, istirahat yang cukup, serta tetap melaksanakan aktivitas tubuh dengan berolah raga untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top