PARTISIPASI DINAS KESEHATAN PROVINSI PADA HARI AMAL BAKTI KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI KALIMANTAN BARAT KE-74

Dalam rangka Hari Amal Bakti (HAB)  Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat  ke-74, Dinas Kesehatan melalui surat dari panitia Hari Amal Bakti  dengan nomor 007/PAN-HAB74/2019, ikut berpartisipasi pada hari amal  bakti tersebut, yang dilaksanakan pada hari senin, tanggal 16 Desember 2019 di Aula Kementerian Agama Kalimantan Barat, Jl. Sutan Syarir Pontianak,  yang berlangsung 1 hari dari pukul 07.30 hingga selesai.

Keterangan : Kepala Bidang P2P, Subanri , S.Si.M.Kes mewakili Kepala Dinas saat memberikan sambutan  partisipasi Dinkes Prov di HAB Kemenag ke-74

Dinas kesehatan melakukan pemeriksaan skrining  deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) yang diikuti oleh 150 masyarakat/peserta . Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) bertujuan melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular seperti  merokok, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, konsumsi minuman beralkohol, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindaklanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan.

Pelaksanaan Skrining PTM, SADANIS dan IVA test

Selain pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM), dilakukan juga pemeriksaan SADANIS dan IVA tes yang diikuti  25 orang peserta.

   

Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih. Sadanis akan dilakukan sebelum wanita melakukan Inspeksi Vagina dengan Asam Asetat (IVA) untuk deteksi dini kanker leher rahim yang merupakan  metode inspeksi visual dengan asam asetat, atau dikenal juga dengan sebutan visual inspection with acetic acid (VIA). Artinya, pemeriksaan IVA juga termasuk ke dalam salah satu metode skrining kanker serviks atau leher rahim (infokes).

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top