Operasi Bibir Sumbing Wujud Kemitraan Bidang Kesehatan

Dinas Kesehatan <br> Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kesehatan
Provinsi Kalimantan Barat

image 13-12-2018 3

Ket Gambar : Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI drg. Oscar Primadi, MPH melakukan kunjungan dalam rangka monitoring dan evaluasi (Monev) wilayah binaan Kalimantan Barat.

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

Operasi bibir sumbing merupakan sebuah wujud Kemitraan Pelayanan Kesehatan bagi Masyarakat yang tidak mampu dengan mesinergiskan program dari berbagai intansi terkait, hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr. Andy Jap, M.Kes saat membuka  kegiatan Operasi  Bibir sumbing di RS Pemangkat 6-7 Desember 2018 lalu.

Pihaknya sangat apresiasi terhadap kegiatan bakti sosial  ini , yang diselenggarakan dengan   bekerjasama  dan kemitraan   antar  instansi terkait, diantaranya adalah Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Yayasan Senyum Harapan Nusantara Yogyakarta dan RSUD Pemangkat  serta  pemerintah daerah kabupaten  Sambas , imbuh Dr. Andy Jap

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Direktur RSUD Pemangkat, dr Achmad Hardin, Sp.PD mengatakan Bakti Sosial tersebut dilaksanakan dengan persiapan kurang lebih satu bulan lamanya.

“Kegiatan Bakti Sosial ini diawali dengan tahapan penjaringan peserta yang memakan waktu sekitar satu bulan dan screening test peserta dilaksanakan tanggal 5 Desember 2018 lalu,” ujarnya, Ia menambahkan, pelaksanaan kegiatan tersebut di ikuti oleh 33 orang peserta yang telah mendaftarkan diri kepada panitia.

Dari Jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 33 orang tidak semua dapat di operasi dan dinyatkan lolos screening berjumlah hanya 18 orang, 1 orang peserta dinyatakan tidak bisa di operasi dikarenakan menderita serangan asma akut, sehingga memerlukan pengobatan dan perawatan terlebih dahulu,” ungkap dr. Achmad..

Peserta yang lolos sreening dan dinyatakan dapat diberikan tindakan medis bedah juga langsung dilakukan rawat inap di RSUD Pemangkat dan di lakukan tindakan operasi, dr Achmad menambahkan. (sur)

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on print
Share on whatsapp