ODF UPAYA HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Dinas Kesehatan <br> Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kesehatan
Provinsi Kalimantan Barat

ODF Upaya Hidup Sehat

Ket Gambar : Kadinkes Prov Kalbar bersama Peserta Pertemuan Penerapan ASPAK pada Penyusunan SPA FASYANKES Se-Kalimantan  Barat

Mempawah, Dinkes Prov. Kalbar

Dengan Deklarasi Open Defecation Free (ODF) tidak ada lagi warga Kabupaten Mempawah yang buang air sembarangan, hal ini di sampaikan Bupati Mempawah H.Gusti Ramlana saat acara deklarasi ODF di desa Sungai Batang dan Kelurahan Tanjung Kabupaten Mempawah, pada tanggal 22 Januari  yang lalu.

Ditambahkan oleh Bupati Mempawah , bahwa dengan deklarasi ODF Pemerintah daerah  Kabupaten Mempawah mengharapkan agar menjadi sebuah upaya menyadarkan warga untuk tidak buang air sembarangan. Juga untuk memotivasi desa-desa lain yang belum melaksanakan  ODF ini.

Selain itu dengan ODF  diharapkan supaya masyarakat  mengkondisikan dan mengupayakan, serta merubah sikap dan perilaku mereka , sehingga dapat  hidup sehat dan bersih serta  memiliki jamban (toilet-red) pribadi,” ujarnya

Sementara itu menurut Plt. Kepala  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mempawah, Jamiril, SKM berdasarkan sebuah Study Environmental Helath Rish Assessment (EHRA) tahun 2016 lalu telah di dapatkan  sebuah hasil riset mengenai kesehatan lingkungan berupa data perilaku masyarakat Mempawah dimana masih 16,9% yang menyadari pentingnya cuci tanga pakai sabun. Sedangkan yang menggunakan air bersih untuk  kebutuhan sehari-hari yaitu  MCK sekitar 36,4%, kemudian   75,3% masyarakat Kabupaten Mempawah ini melakukan BAB  di Jamban dan  24,7%  masih melakukan BAB di sembarang tempat, ungkap  Jamiril,SKM ( Plt. Kadinkes Kab Mempawah )

Harapanya dengan berbagai Regulasi baik itu Surat Edaran dari  Kemenkes tentang STBM, Permenkes tentang STBM, serta Peraturan Bupati No 34 tahun 2016 tentang Gerakan Stop Buang Air Besar Sembarangan akan mempercepat terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat di Kabupaten Mempawah, harap Jamirl. (sur)

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on google
Share on print
Share on whatsapp