“ Lokmin Jelai Hulu Bahas Penanganan Rabies “

Dinas Kesehatan <br> Provinsi Kalimantan Barat

Dinas Kesehatan
Provinsi Kalimantan Barat

Pertemuan Lokmin Lintas Sektoral

Ket Gambar : Lokakarya Mini Tingkat Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang yang di hadiri oleh  Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Dinas kesehatan Kabupten Ketapang , Pihak Kecamatan, Polsek, Koramil serta unsur pemuka kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang.

Ketapang, Dinkes Prov.Kalbar

Puskesmas Jelai Hulu Kabupaten Ketapang melaksanakan kegiatan Lokakarya Mini  tingkat kecamatan dalam rangka program peningkatan manajemen kesehatan, serta membahas permasalahan kesehatan yang terjadi di masyarakat pada minggu pertama bulan November 2018.

Kegiatan yang di laksanakan di Aula Kantor Camat Jelai Hulu Kabupaten Ketapang ini selama satu hari ini,  tentunya menjadi sebuah momentum dan koordinasi baik di tinggat kabupaten kecamatan dan tingkat desa, kata Sudirman Sinaga, SKM, M.Kes Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang.

Lokmin ini  menitik beratkan pada kegiatan yang terkait dengan implementasi dan pemantapan manajemen puskesmas yang  dilaksanakan dengan melibatkan berbagai unsur/sektoral di lingkungan Kecamatan Jelai Hulu kata Sudirman.

Dan tentunya dengan lokakarya mini ini ada rumusan-rumusan yang nantinya dapat dijadikan sebuah dasar untuk menyusun rencana kerja kedepan, imbuh Sudirman.

Sementara itu Marselina.SKM.MAP selaku Kabid P2P Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar,  dalam arahannya banyak menitik beratkan pada pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyakit menular maupun tidak menular serta imunisasi. Menurut nya dengan lokmin ini ada kegiatan yang bersinergi antar pihak-pihak sehingga dengan cepat dapat melakukan penangan penyakit-penyakit yang terjadi di masyarakat, khusus kejadian luar biasa Rabies yang cukup tinggi yang terjadi di kecamatan jelai hulu ini.

Sehingga perlu adanya kerja sama berbagai pihak serta masyarakat  sendiri , sehingga kejadian luar biasa kasus Rabies ini dapat di kendalikan secara komprehensif di daerah Jelai Hulu ini, ungkap Marselina. Pencegahan penularan rabies yang paling penting adalah  menyehatkan  vector sumber penularannya (Anjing) dan membatasi mobilisasi anjing dari luar kalbar. (sur)

Berita ini di Publikasikan oleh tim Web Dinkes Prov Kalbar tahun 2018