Kualitas Air Minum Menjadi Sesuatu Yang Perlu Diprioritaskan

Keterangan Gambar : Pembukaan pertemuan peningkatan kualitas pelaksanaan kesling dalam rangka pencapaian indikator kesling.

Pontianak, Dinkes Prov. Kalbar

“Peningkatan akses dan peningkatan kualitas air minum menjadi sesuatu yang perlu diprioritaskan untuk menurunkan penyakit yang diakibatkan oleh penyakit.” Hal ini dikatakan Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Kalbar, Julianus Jualang, S.Kep, M.Si pada pertemuan peningkatan kualitas pelaksanaan kesling dalam rangka pencapaian indikator kesling tanggal 23/7.

Air minum sendiri merupakan air yang melalui proses pengolahan atau tanpa melalui proses pengolahan dan memenuhi syarat kesehatan serta dapat langsung diminum.  Imbuh Jualang. Selain itu lanjut Jualang,  air minum yang berkualitas dapat diperoleh dari berbagai sumber mata air yang terlindungi, seperti perpipaan ( pdam dan hippam ) pma, depot air minum (dam), air minum dalam kemasan (amdk) atau air minum yang berasal dari sarana air minum bukan jaringan perpipaan, Jualang menjelaskan.

Ditegaskan oleh Kabid Kesmas pula bahwa pemenuhan kualitas air yang baik perlu ditingkatkan, dan dengan dilaksanakanya orientasi teknis tentunya petugas dalam tugas pengawasan sarana air minum diharapkan petugas kesehatan lingkungan mampu melakukan pengawasan kualitas air minum sesuai dengan permenkes nomor 736 tahun 2010 tentang tatalaksana pengawasan kualitas air minum dengan lebih baik lagi.Imbuh Jualang.

Hal ini tentunya kata Jualang, dengan diberikan pembekalan dari materi-materi yang ada yang berkaitan dengan tata kelola pengawasan kulitas air seperti petugas memahami peraturan pengawasan kualitas air minum. sehingga mampu melalukan inspeksi kesling sarana air minum, mampu melalukan pengambilan sampel air minum, mampu memberikan saran rekomendasi untuk tindak lanjut serta mampu melakukan pencatatan dan pelaporan, Kabid Kesmas Menjelaskan. (sur)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Back To Top